https://jakarta.times.co.id/
Olahraga

PSSI Kecam Aksi Rasis Kepada Pemain Guinea U-23

Jumat, 10 Mei 2024 - 16:58
PSSI Kecam Aksi Rasis Kepada Pemain Guinea U-23 Pemain Timnas U-23 Indonesia Nathan TJoe-A-On (kanan) saat melawan Timnas U-23 Guinea Kamis (9/5/2024). (Foto: ANTARA FOTO/PSSI/rwa)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengecam aksi rasis oleh oknum pendukung Indonesia kepada pemain timnas Guinea U-23, usai skuad Garuda Muda kalah 0-1 dalam laga play-off guna merebut tiket tampil di Olimpiade Paris 2024.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Mahendra Sinulingga mengatakan para pemain dan tim kepelatihan Shin Tae-yong telah berbesar hati menerima kekalahan, sehingga para pendukung seharusnya juga mampu menerima kekalahan tersebut.

Ia menyayangkan tindakan ujaran atau ucapan rasis kepada para pemain Guinea dan menekankan bahwa oknum pelaku rasis bukanlah pendukung sejati olahraga sepak bola.

"Jangan menodai perjuangan timnas Indonesia U-23 dengan ujaran rasis kepada para pemain lawan," kata Arya dalam keterangan tertulis, Jumat.

Ia membeberkan tim nasional U-23 telah berjuang maksimal dalam upaya kualifikasi menuju Olimpiade Paris, tetapi hasil positif belum berpihak kepada Marselino Ferdinan dan kawan-kawan.

"Para pemain pulang dengan kepala tegak dan legawa menerima kekalahan. Jadi, kami berharap para pendukung pun melakukan hal yang sama," ujar dia.

Arya mengapresiasi para pendukung yang sejak awal hingga akhir perjuangan timnas, tetap terus memberikan motivasi kepada para penggawa Garuda Muda.

Menurut dia, dukungan itu sangat diperlukan dalam membantu mengembalikan semangat para pemain, guna menatap laga-laga penting berikutnya.

Lebih lanjut dia membeberkan, mimpi para penggawa Garuda Muda masih panjang, sehingga dia meminta agar jangan mencederai harapan-harapan ke depan, dengan aksi rasis yang sangat merugikan dan memalukan.

Arya mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya pecinta sepak bola Indonesia agar hanya fokus untuk mendukung timnas, bukan melakukan tindakan yang menyalahi aturan.

Dalam kesempatan terakhir untuk bisa tampil di Olimpiade Paris 2024, timnas Indonesia U-23 terpaksa mengakui keunggulan Guinea U-23 dengan skor 0-1 dalam pertandingan di Stade Pierre Pibarot, Clairefontaine-en-Yvelines, Prancis, Kamis (9/5). Hasil itu, membuat Indonesia harus mengubur mimpi bisa tampil dalam pesta olahraga multievent terbesar di dunia pada Juli nanti.

Pewarta : Antara
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.