Pendidikan

SDIT Ahmad Yani Malang Meneladani Kartini di Momen Ramadan

Senin, 25 April 2022 - 16:46
SDIT Ahmad Yani Malang Meneladani Kartini di Momen Ramadan Para peserta didik SDIT Ahmad Yani Malang mengenakan pakaian adat di peringatan Hari Kartini 2022 (Foto: SDIT Ahmad Yani Malang for TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, MALANG – Peringatan Hari Kartini menjadi momentum yang luar biasa di SDIT Ahmad Yani Malang (SITAYA), Senin (25/4/2022).

Melalui kegiatan lomba-lomba tradisional seperti lompat tali, petak umpet, dakon, engklek, kelereng, sekolah yang terletak di jantung Kota Malang ini mencoba mengemas beberapa kegiatan menjadi pembelajaran kontekstual.

Tanpa terkecuali, semua peserta didik terlibat dalam permainan tradisional. Spesial juga di bulan Ramadan ini,  semua peserta didik mengenakan pakaian adat dari Sabang sampai Merauke.

Untuk kegiatan lomba, telah dimulai sejak peserta didik berangkat dari rumah yaitu kontes foto berpakaian adat. Sementara lomba berikutnya berupa permainan tradisional dilaksanakan di sekolah.

SITAYA-kartini-002.jpg

Semua sangat gembira karena baru pertama kalinya memainkan permainan tradisional yang  unik. Di kelas 5 diadakan permainan lompat tali yang sangat menantang. Sorak sorai membahana ke semua penjuru sekolah.

Pun halnya di kelas 6 yang enjoy sekali bermain petak umpet. Sementara untuk kelas 4, digelar permainan kelereng dan cublak cublak suweng yang mengasyikkan sekali. Lebih heboh lagi di kelas kecil (1-3) yang bermain engklek. Seluruh peserta sedikit kikuk karena belum pernah bermain engklek

SITAYA-kartini-003.jpg

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Kepala SDIT Ahmad Yani Malang, Nurdiah Rachmawati yang memaparkan sejarah lahirnya RA Kartini. Semua peserta nampak antusias dan kagum terhadap sosok hebat Kartini.

Tak kalah pentingnya, di momen ini juga dilakukan launching buku karya peserta didik dari kelas 1-6 yang berupa antologi dengan judul CORONA, PLEASE BE KIND. Para penulis buku dipanggil satu persatu ke atas panggung untuk diberikan apresiasi oleh SDIT Ahmad Yani Malang termasuk tim LITERASI SITAYA yang dibina Ani, SPd. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.