https://jakarta.times.co.id/
Pendidikan

4 Perguruan Tinggi Negeri Terfavorit di Kota Malang Tahun 2024

Rabu, 06 Maret 2024 - 16:26
4 Perguruan Tinggi Negeri Terfavorit di Kota Malang Tahun 2024 Salah satu PTN Favorit di Kota Malang, Universitas Brawijaya. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Sebagai salah satu kota pendidikan terkemuka di Indonesia, Kota Malang menawarkan beragam pilihan perguruan tinggi, mulai dari yang berkelas nasional hingga lokal. Di antara berbagai institusi tersebut, terdapat empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi favorit dan memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di Kota Malang. Berikut daftar PTN tersebut beserta kuota Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) mereka pada tahun 2024:

1. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya dikenal sebagai perguruan tinggi terbesar di Kota Malang dan menjadi kampus favorit di tingkat nasional. Dengan jumlah mahasiswa aktif sekitar 70 ribu mahasiswa, UB membuka kuota untuk mahasiswa baru sebanyak 16 ribu kuota pada tahun 2024.

2. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang, yang dikenal dengan tagline "the learning university", juga memiliki reputasi yang kuat di tingkat nasional. Kampus ini telah melahirkan banyak guru profesional di Indonesia dan peminatnya terus meningkat setiap tahun. Pada tahun 2024, UM menetapkan kuota PMB sebanyak 12 ribu.

3. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang berkembang pesat. Dengan penambahan kuota untuk mahasiswa baru hampir setiap tahun, UIN Malang telah meresmikan Kampus III di Kota Batu. Kuota PMB tahun 2024 ditetapkan sebanyak 5.710 mahasiswa.

4. Politeknik Negeri Malang (Polinema)

Politeknik Negeri Malang (Polinema) menjadi salah satu politeknik yang paling terkenal baik di Kota Malang maupun secara nasional. Minat siswa untuk menempuh pendidikan tinggi di Polinema terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2024, kuota PMB yang disediakan oleh Polinema sekitar 4200 kuota.

Keempat PTN tersebut menjadi pilihan utama bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Kota Malang. Semoga informasi ini dapat menjadi tambahan referensi bagi mereka yang berencana untuk melanjutkan studi di Kota Apel.(*

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.