https://jakarta.times.co.id/
Pendidikan

Magang Tilik Desa, Prodi Pemerintahan Unmuh Jember dan PN Teken Kerja Sama

Sabtu, 23 April 2022 - 13:52
Magang Tilik Desa, Prodi Pemerintahan Unmuh Jember dan PN Teken Kerja Sama Pihak Prodi Ilmu Pemerintahan Unmuh Jember dan PN Jember usai penandatanganan MoU. (Foto: Humas Unmuh Jember for TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, JEMBER – Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) melakukan penandatanganan kerja sama dan kegiatan Opening Ceremony Bentuk Kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (BKP MBKM) Magang Tilik Desa di Pengadilan Negeri Jember Kelas 1A, Jumat (22/4/2022).

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Kaprodi Ilmu Pemerintahan Drs Itok Wicaksono MSi bersama Ketua Pengadilan Negeri Jember Kelas 1A Dr I Wayan Gede Rumega SH MH. Kedua lembaga tersebut berkomitmen dalam mendukung BKP MBKM dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2022. 

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pula Workshop selama dua hari pembekalan mahasiswa terkait materi Tilik Desa.

Hakim Ivan Budi Hartanto S, SH MH, koordinator kegiatan Magang Pengadilan Jember Kelas 1A menjelaskan bahwa program ini diikuti oleh tiga program studi di antaranya Program Studi Ilmu Hukum, Program Studi Ilmu Pemerintahan, dan Program Studi Teknik Informatika. 

Sebelumnya, Program Studi Ilmu Hukum telah melakukan program BKP MBKM selama dua semester sementara Program Studi Teknik Informatika telah melakukan selama satu semester.

Diikuti oleh 20 mahasiswa dari tiga program studi, mereka mendapat pembekalan terkait Sosialisasi Tilik Desa, penggunaan aplikasi Eraterang plus, E-Court plus, praktek simulasi sidang telekonferen, praktek E-Court, dan penerjunan sosialisasi program Tilik Desa. 

Untuk memaksimalkan program, masing-masing Prodi menunjuk Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sementara Pengadilan Negeri Jember menunjuk perwakilan yang bertugas sebagai koordinator program dan mentor. 

"Nantinya mahasiswa akan membantu dalam sosialisasi program Tilik Desa kepada masyarakat serta membantu dalam terselenggaranya kegiatan sesuai dengan arahan DPL dan mentor," ungkap Kaprodi Ilmu Pemerintahan Drs Itok Wicaksono MSi.

Unmuh Jember berupaya mewujudkan ketercapaian IKU melalui implementasi dalam penyelenggaraan kegiatan BKP Magang Tilik Desa ini. 

Dengan menggandeng Pengadilan Negeri Jember Kelas 1A sebagai mitra yang berperan dalam Peningkatan Kualitas Mutu Pembelajaran sebagai salah satu mitra yang terlibat dalam PKKM Tahun 2022.

Kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan mulai dari awal semester setiap tahun ajaran di Unmuh Jember yang dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi serta memperhatikan situasi pandemi Covid-19 sesuai protokol kesehatan. (*)

Pewarta : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.