Pendidikan

Rumah Moderasi Beragama UIN KHAS Jember Gandeng Ormawa sebagai Duta Moderasi Beragama

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 16:46
Rumah Moderasi Beragama UIN KHAS Jember Gandeng Ormawa sebagai Duta Moderasi Beragama Workshop Penguatan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan bagi Organisasi Kehamahasiswaan yang digelar UIN KHAS Jember. (Foto: Humas UIN KHAS Jember)

TIMES JAKARTA, JEMBER – Ikhtiar penguatan moderasi beragama oleh Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember terus berlanjut. Terbaru, Rumah Moderasi Beragama UIN KHAS Jember mulai menyiapkan kader muda sebagai duta moderasi beragama di lingkungan organisasi kemahasiswaan (ormawa) UIN KHAS Jember. Penguatan nilai-nilai moderasi beragama dikemas dalam kegiatan bertajuk Workshop Penguatan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan bagi Organisasi Kehamahasiswaan yang berlangsung di Jember, Sabtu (16/10/2021).

Giat ini diikuti 40 mahasiswa yang terdiri dari unsur Dewan Mahasiswa (Dema), Senat Mahasiswa (Sema), Dema di lingkungan Fakultas, Sema di lingkungan Fakultas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Khusus (UKK) di lingkungan UIN KHAS Jember.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN KHAS Jember Hepni Zain mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membumikan nilai-nilai moderasi beragama secara menyeluruh di lingkungan UIN KHAS Jember, termasuk kepada para mahasiswa.

UIN KHAS Jember 2

“Organisasi kemahasiswaan sangat tepat untuk dibekali tentang nilai-nilai moderasi beragama. Harapannya, mereka dapat menjadi kader penggerak atau duta moderasi beragama yang bisa mengajak mahasiswa lain untuk memiliki karakter moderat. Para mahasiswa tidak hanya dibekali sekedar teori, tapi juga strategi implementasi moderasi beragama di masyarakat. Kami memiliki perhatian yang tinggi agar para mahasiswa memiliki wawasan kebangsaan yang baik," ungkap Hepni Zain saat membuka acara, Sabtu (16/10/2021) di Jember.

Dikatakan Hepni Zain, kampus UIN KHAS Jember merupakan tempat strategis sebagai laboratorium moderasi beragama. “Di kampus ini, kita rancang untuk dapat melihat tersemainya gagasan kebangsaan, konstruk pemikiran kritis, penanaman nilai-nilai multikulturalisme, dan penyampaian pesan agama yang damai dan toleran, serta penebaran cinta pada kemanusiaan,” tambah Hepni Zain.

Direktur Rumah Moderasi Beragama UIN KHAS Jember Wildani Hefni mengungkapkan, pihaknya telah merumuskan peta jalan penguatan moderasi beragama di lingkungan UIN KHAS Jember. Salah satunya adalah dengan menggandeng ormawa untuk membumikan Islam moderat di tengah-tengah masyarakat. Dikatakan Wildan, para mahasiswa memiliki peran strategis dalam mewujudkan kerukunan umat beragama.

UIN KHAS Jember 3

“Dalam kegiatan ini, peserta diberikan teori dan praktek tentang moderasi beragama, strategi menyelesaikan kasus-kasus dan fenomena keagamaan, mendesain langkah preventif yang efektif, pemanfaatan media digital dalam rangka memberikan kontra narasi, dan lain sebagainya. Harapan kami, suara lantang dari seluruh civitas akademika UIN KHAS Jember senantiasa menjadi garda terdepan dalam penguatan Islam moderat yang menjadi bagian dari tanggung jawab intelektual publik saat ini,” kata Wildan.

Ketua Dewan Mahasiswa UIN KHAS Jember M. Zakaria Drajat Dahlan berharap, kegiatan workshop ini dapat menjadi wahana penting dalam konteks membangun dan mengokohkan komitmen kebangsaan di lingkungan mahasiswa UIN KHAS Jember. 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat. Kami memiliki harapan yang sangat tinggi agar diskusi yang berlangsung dapat menemukan langkah solutif dalam mencegah aliran atau faham yang anti moderat di UIN KHAS Jember dengan mengandalkan Ormawa, baik yang ada di tingkat Universitas maupun di Fakultas,” ungkap Zakaria.

UIN KHAS Jember 4

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Katib Syuriah PBNU Dr. KH. Miftah Faqih, Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UIN KHAS Jember Hepni Zain. Materi pelatihan antara lain mencakup wawasan kebangsaan dan nasionalisme, moderasi beragama dalam menjaga keutuhan NKRI, strategi memutus mata rantai radikalisme, dan pembangunan karakter harmoni. (*) 

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.