Gaya Hidup

Manfaat Mengkonsumsi Kurma untuk Kesehatan

Rabu, 18 Mei 2022 - 03:11
Manfaat Mengkonsumsi Kurma untuk Kesehatan Gambar untuk buah kurma yang baik akan kesehatn. (FOTO: alodokter.com)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Setelah melewati momen hari lebaran, sebelumnya kita telah melalui suasana Ramadhan yang tak kalah menyenangkan. Begitu banyak momen seperti tarawih bersama, mencari takjil, sampai berbuka bersama selalu menjadi bagian yang direncanakan setiap orang. Rupanya, bulan suci Ramadhan juga memiliki satu makanan yang tidak boleh terlewatkan yakni kurma

Diketahui, buah kurma berasal dari tanah disekitar Teluk Persia dan merupakan tanaman palma dalam genus Phoenix. Kurma ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan berikut beberapa manfaat kurma untuk kesehatan dilansir dari klikdokter.com: 

 1. Mencegah Peradangan  

Radang tenggorokan membutuhkan kadar polifenol yang tinggi. Diketahui, buah kurma adalah buah yang memiliki kandungan polifenol lebih tinggi dibanding buah lainnya. 

 2. Baik untuk Lambung

Tak perlu khawatir bagi seseorang yang menderita penyakit asam lambung karena ternyata kurma adalah buah yang baik untuk lambung. Bahkan, dr. Annes Waren menyarankan agar penderita penyakit asam lambung untuk menjadikan kurma sebagai camilan sehat bagi mereka. 

 3. Pengganti Gula

Mengapa kita sangat disarankan untuk mencari pengganti gula ? Tak lain untuk terhindar dari resiko penyakit diabetes. Oleh karena itu, disarankan mengganti dengan kurma karena memiliki rasa manis yang alami serta juga mengandung antioksidan didalamnya. 

 4. Mencukupi Gizi dan Kalori untuk Tubuh

Meskipun terlihat seperti buah yang kering, siapa menyangka jika kurma salah satu buah yang memiliki banyak kandungan kalori yang sebagian berasal dari karbohidrat. Selain itu, kurma juga mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dapat membantu memenuhi asupan gizi dan kalori yangn diperlukan. 

 5. Mencegah Anemia

Kurma juga merupakan buah yang memiliki kandungan zat besi yang banyak. Kandungan zat besi akan membantu seseorang untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuhnya sehinggga bisa menegah anemia. 

Itulah beberapa manfaat yang akan kita dapatkan jika mengonsumsi buah kurma dan menjadikannya sebagai camilan sehat. Selain itu, bagi umat Islam meyakini jika buah kurma adalah makanan yang termasuk disukai Nabi. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.