https://jakarta.times.co.id/
Pendidikan

Dua Mahasiswi UK Petra Terpilih Mengikuti Young Leaders for Indonesia 2021

Jumat, 16 Juli 2021 - 12:12
Dua Mahasiswi UK Petra Terpilih Mengikuti Young Leaders for Indonesia 2021 Potret dua mahasiswa UK Petra yang berhasil terpilih mengikuti YLI 2021 selama 6 bulan. (Foto: Humas UK Petra)

TIMES JAKARTA, SURABAYA – Dua mahasiswi membanggakan dari Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabya yaitu Charaqua Vania Rawiadji dari prodi English for Creative Industry dan Gabriella Gunawan dari program International Business Accounting  terpilih mengikuti Young Leaders for Indonesia (YLI) 2021 selama enam bulan.

Kedua mahasiswi ini mengungkapkan kebahagiaan karena telah terpilih menjadi peserta di program tersebut.

“Kami sangat bersyukur dan bahagia sekali bisa mengikuti ajang bergengsi ini. Kegiatan ini mendekatkan diri agar bisa mengembangkan aspirasi dan berkontribusi buat Indonesia," ungkap Charaqua dan Gabriella.

mahasiswa-UK-Petra85ddb2e3a33490d5.jpg

YLI adalah salah satu program intensif  pengembangan kepemimpinan yang diinisasi oleh McKinsey & Company (perusahaan consulting internasional).

Program yang dijalankan sejak tahun 2009 ini banyak melahirkan pemimpin seperti Nadiem Makarim selaku CEO Gojek dan Menteri Pendidikan dan Iman Usman sebagai Co-Founder Ruang Guru.

Fokus dari YLI ini adalah para mahasiswa tahun ketiga dan keempat yang memiliki prestasi baik akademik maupun non-akademik serta aktif di organisasi.

Perjuangan untuk terpilih mengikuti program YLI 2021 tidaklah mudah. Ada serangkaian seleksi ketat yang dilakukan sejak bulan Mei yang lalu. Mulai dari mengirimkan berkas, esai pendek tentang pengalaman kepemimpinan, visi misi memajukan Indonesia hingga wawancara dengan konsultan McKinsey & Company and partners dalam bahasa Inggris.

Banyak yang mendaftar sampai akhirnya terpilihlah 72 mahasiswa Indonesia yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, Asia, Inggris, Amerika dan Kanada termasuk dua mahasiswi UK Petra.

Sejak Juli 2021 hingga Januari 2022 para mahasiswa berprestasi terpilih ini selain mengikuti tiga forum besar secara online juga diminta mengerjakan dua proyek yang dilakukan secara pribadi maupun berkelompok.

Forum pertama yang berbicara bagaimana memimpin diri sendiri (lead self) serta pembuatan Personal Leadership Project (PLP) ini sedang berjalan, tanggal 11 hingga 12 Juli lalu.

Mengundang Staf Khusus Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yaitu Dei Sudarmo, beliau bicara mengenai meraih mimpi dan menjadi seorang pemimpin. Ada beberapa catatan penting diantaranya kenali kekuatan dan kelemahan diri lalu jangan berhenti.

Charaqua bercerita, banyak manfaat yang didapatkannya dengan mengikuti YLI.

“Sesi materi yang diadakan sementara ini sangat berbobot dan efektif. Saya belajar banyak hal tentang problem solving. Para pembicaranya pun merupakan orang-orang yang sangat ahli di bidangnya. Yang membuat semakin semangat, pesertanya merupakan anak-anak muda high-achievers yang sangat seru dan menginspirasi," rinci Charaqua.

Sementara itu Gabriella yang aktif di BEM UK Petra juga mengungkapkan bahwa program YLI ini sangat memperlengkapi dirinya lebih dalam lagi khususnya dalam skill leadership dan cara mewujudkannya agar bisa berkontribusi buat Indonesia. Ia pun menitipkan pesannya bagi mahasiswa Indonesia.

“Teruslah belajar, gali talenta dan mimpimu, jangan pernah menyerah dan lakukan semua yang terbaik untuk Tuhan dan bukan manusia. Jangan bandingkan diri kita dengan orang lain tapi jadilah dirimu yang lebih baik dari dirimu kemarin," tutup Gabriella yang akan mewakili UK Petra di Young Leaders for Indonesia 2021. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.