Pendidikan

Sebanyak 34 Persen dari 98 Mahasiswa UIII Berasal dari Luar Indonesia

Senin, 20 September 2021 - 16:48
Sebanyak 34 Persen dari 98 Mahasiswa UIII Berasal dari Luar Indonesia (Ka-ki) Sekretaris UIII Chaider S. Bamualim, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya Manusia UIII, Bahrul Hayat, Rektor UIII Komaruddin Hidayat dan Head Asset and Building Management Team UIII Syafrizal. (Foto: Fahmi/TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, JAKARTAUniversitas Islam Internasional Indonesia (UIII) akan memulai perkuliahan perdana pada Senin, 27 September 2021 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya Manusia UIII, Bahrul Hayat, di Kampus UIII Cimanggis, Depok.

"Upacara pembukaan perkuliahan, akan dilaksanakan sore ini, yang kita sebut dengan Academic Convocation. Ini akan jadi tradisi di UIII," ungkap Bahrul Hayat, pada Press Conference Pembukaan Perkuliahan UIII, Senin (20/09/2021).

Turut hadir dalam Konferensi Pers, Rektor UIII Komaruddin Hidayat, Sekretaris UIII Chaider S. Bamualim, dan Head Asset and Building Management Team UIII Syafrizal. Academic Convocation ini rencananya akan dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas  dan Ketua Majelis Wali Amanat UIII Jusuf Kalla.

"Sengaja kita buat pembukaan ini sore, karena mahasiswa yang mengikuti ini bukan hanya dari Indonesia saja. Tapi ada yang dari Kanada, ada yang dari Mesir, dan sebagainya," imbuhnya.

UIII b

Bahrul menyampaikan, pada awal Juni 2021, UIII membuka pendaftaran calon mahasiswa baru melalui program UIII Scholarship. Program ini terbuka untuk calon mahasiswa dari dalam maupun luar negeri.

"Selama masa pendaftaran dari tanggal 7 Juni 2021 sampai dengan 14 Juli 2021, sebanyak 1009 orang telah melamar UIII scholarship. Pelamar berasal dari 59 negara, dengan komposisi 45 persen persen berasal dari Indonesia dan 55 persen persen dari mancanegara," jelas Bahrul.

"Ada yang dari Kanada, Arab Saudi, Mesir, Senegal, dan sebagainya. Ada juga dari negara-negara Asia lainnya. Yang terdekat, tetangga kita dari Malaysia, Singapura, juga ada," sambungnya. =

UIII c

Berdasarkan hasil dari proses seleksi tersebut, UIII telah menetapkan sebanyak 98 orang mahasiswa dinyatakan layak dan diterima sebagai mahasiswa UIII untuk tahun akademik 2021-2022. Ini terdiri dari:

  1. 28 orang mahasiswa Program Magister Studi Islam Fakultas Studi Islam;
  2. 23 orang mahasiswa Program Magister Ilmu Politik Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial;
  3. 22 orang mahasiswa Program Magister Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis; dan
  4. 25 orang mahasiswa Program Magister Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Mahasiswa baru UIII terdiri atas 58 persen laki-laki dan 42 persen perempuan dengan rincian 66 persen warga negara Indonesia dan 34 persen warga negara asing.

"Saat ini, perkuliahan baru dibuka untuk program magister. Tahun depan, UIII berencana akan membuka perkuliahan untuk program doktor pada empat fakultas yang ada," jelas mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama tersebut. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.