Pendidikan

Setelah Covid-19 Usai, Kemendikbud RI Bakal Sederhanakan Kurikulum

Selasa, 25 Agustus 2020 - 14:46
Setelah Covid-19 Usai, Kemendikbud RI Bakal Sederhanakan Kurikulum Ilustrasi- Siswa SD. (FOTO: Edukasi Kompas)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud RI Iwan Syahril menyatakan, pihaknya tengah menyiapkan Kurikulum baru. Di mana, kurikulum tersebut merupakan kelanjutan dari kurikulum yang disederhanakan pada masa pandemi Covid-19 ini.

Sebelumnya memang, Kemendikbud RI telah merilis kurikulum darurat Covid-19 sebagai panduan pengajaran di tengah pandemi Covid-19. Kurikulum itu digunakan hingga akhir tahun ajaran 2020/2021.

“Itu artinya tidak usah khawatir kami sudah memikirkan tentang kontinuitas (kelangsungan) kurikulum. Jadi kurikulum yang nantinya kita inginkan adalah kurikulum yang lebih sederhana selepas pandemi," katanya, Selasa (25/8/2020).

Selain Itu lanjut Iwan, penyederhanaan kurikulum itu sudah dipikirkan sebelum pandemi. Hal itu bertujuan agar para siswa bisa fokus atas potensi dirinya masing-masing agar kedepannya bisa berinovasi. Menurutnya, inovasi sangat perlu dibiasakan dalam ekosistem pendidikan.

“Jadi pada saat bersamaan ini, kurikulumnya ada, kita ada platform teknologi pendidikan nasional yang sedang kita bangun pada saat ini untuk memudahkan juga untuk implementasi. Kurikulum (darurat) yang disederhanakan ini akan nyambung dengan yang disederhanakan di masa mendatang," ujar Dirjen GTK Kemendikbud RI ini. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.