Wisata

Nasi Lemang Khas Nusantara Masih Dipertahankan Warga Kampung Pangandaran

Rabu, 14 April 2021 - 21:12
Nasi Lemang Khas Nusantara Masih Dipertahankan Warga Kampung Pangandaran Nasi lemang yang sudah matang dan siap untuk dimakan. (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, PANGANDARANNasi lemang merupakan salah satu masakan khas nusantara yang keberadaannya masih dipertahankan masyarakat perkampungan Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Dulu nasi lemang sebagai makanan masyarakat saat zaman peperangan, waktu itu masyarakat banyak yang bersembunyi ke hutan lantaran takut oleh penjajah.

Nasi lemang 2Cara membungkus beras untuk dibuat nasi lemang sebelum dimasukan ke bambu. (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

Di saat masyarakat bersembunyi di hutan, mereka membawa perbekalan beras dan rempah-rempah untuk bertahan hidup selama berada dipersembunyian.

Keterbatasan peralatan masak menjadi sebuah inspirasi masyarakat dalam keadaan tersebut menggunakan sumber daya alam yang tersedia di hutan.

Untuk membuat nasi lemang cukup dengan menyediakan seruas bambu disesuaikan dengan kebutuhan. Bambu tersebut kemudian dibersihkan bagian dalamnya .

Setelah itu siapkan beras yang sudah dicuci bersih yang akan dibuat nasi dengan cara digulung menggunakan daun pisang.

Setelah beras yang bersih selesai digulung menggunakan daun pisang, bagian bawahnya dilipat rapih dan gulungan beras dari daun pisang itu dimasukan kedalam bambu yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Untuk memperkaya rasa, gulungan beras dalam daun pisan itu bisa ditambah racikan bumbu sesuai selera seperti diberi cairan santan dan daun salam.

Nasi lemang 3Cara membakar nasi lemang. (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

Setelah racikan selera yang diinginkan selesai dituangkan ke beras yang digulung daun pisang dan posisinya berada dalam bambu lalu tutup bagian atasnya dengan cara melipat daun pisang.

Untuk memasak nasi lemang cukup dengan cara dipanggang di atas api dalam posisi berdiri.

Jika sudah dipanggang, bambu tempat gulungan beras yang menggunakan daun pisang itu akan mengeluarkan air.

Apabila air sudah tidak keluar pertanda beras tersebut sudah menjadi nasi yang matang dan siap untuk dijadikan makanan.

Salah satu warga Pangandaran Didin Jentreng mengatakan, saat ini nasi lemang menjadi salah satu pasakan yang unik dan biasa dijadikan hidangan masyarakat ketika berkebun.

"Selain pelepas rasa lapar, nasi lemang juga jadi masakan warisan turun temurun yang hingga saat ini masih dilestarikan masyarakat di perkampungan Pangandaran," kata Didin, Rabu (14/4/2021).

Bahkan nasi lemang juga kata Didin, bisa menjadi salah satu usaha kuliner masyarakat di masa modern sekarang.

"Sebenarnya nasi lemang berpotensi sebagai usaha kuliner karena masyarakat menginginkan nuansa klasik kuliner tradisional," pungkas Didin. (*) 

Pewarta : Syamsul Ma'arif
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.