Berita

Perbaikan Ruas Tol Cipali KM 122 Sudah Mencapai 60 Persen

Rabu, 03 Maret 2021 - 16:47
8.42k
Perbaikan Ruas Tol Cipali KM 122 Sudah Mencapai 60 Persen Progres perbaikan ruas tol Cipali KM 122. (Foto: ASTRA Tol Cipali)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Progres pembangunan jalur Tol Cipali di KM 122 arah Jakarta saat ini sudah mencapai 60 persen.

Kini tengah memasuki tahap konstruksi, yakni pengeboran borepile yang berfungsi sebagai perkuatan badan jalan untuk menahan pergerakan tanah.

Menurut Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, Agung Prasetyo, saat ini borepile yang telah terpasang sebanyak 27 borepile dari total 71. Ditargetkan pekerjaan pemasangan borepile ini akan rampung pada pertengahan Maret.

"Dengan pemasangan borepile yang berfungsi sebagai perkuatan badan jalan diharapkan dapat menahan pergerakan tanah di sekitar KM 122," jelasnya, Rabu (3/3/2021).

Dirinya optimistis dapat menyelesaikan pembangunan jalan tepat waktu di awal April 2021. Dan saat ini, kondisi lalu lintas terpantau ramai lancar dan cuaca cerah menghiasi sepanjang jalan tol Cipali.

Selain itu, pekerjaan pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati hingga akhir Februari progresnya sudah mencapai 57 persen direncanakan akan mulai beroperasi pada November 2021. Namun, diupayakan pada musim keberangkatan haji tahun ini dapat digunakan untuk uji layak operasi.

ASTRA Tol Cipali pun mengimbau kepada para pengguna jalan untuk tertib berkendara di sepanjang ruas tol Cipali. Pastikan batas kecepatan tidak melebihi batas maksimal kendaraan 100 KM/jam dan ditengah kondisi hujan batas maksimal kecepatan 70 KM/jam.

"Jika sudah berkendara 4 jam atau lelah, dapat segera beristirahat di 8 rest area ASTRA Tol Cipali atau keluar pintu gerbang terdekat," tuturnya.

Seperti diketahui, ruas jalan tol Cipali KM 122+400 arah Jakarta mengalami ambles pada 8 Februari 2021 lalu, dan membuat arus lalu lintas di tol Cipali menjadi tersendat. Petugas kepolisian pun memberlakukan contra flow lantaran jalan yang ambles tersebut tak bisa dilewati oleh kendaraan.

Keretakan jalan sepanjang 40 meter di Tol Cipali ini diakibatkan oleh intensitas dan curah hujan tinggi. Sehingga, mengakibatkan banyak volume air yang masuk ke dalam base layer melalui keretakan. Dan kini, arus kendaraan pun melalui median jalan yang ramping dibuat secara darurat. (*)

Pewarta : Muhamad Jupri
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.