https://jakarta.times.co.id/
Berita

Masuk Musim Hujan, Ketahui Cara Menjaga Buku Agar Tidak Rusak Ketika Kehujanan

Jumat, 27 September 2024 - 15:27
Masuk Musim Hujan, Ketahui Cara Menjaga Buku Agar Tidak Rusak Ketika Kehujanan Ilustrasi siswa yang sedang kehujanan saat pulang sekolah. (FOTO: Istimewa)

TIMES JAKARTA, MALANG – Hujan menjadi ancaman tersendiri bagi mereka yang sering membawa buku dalam perjalanan di saat musim hujan. Seperti murid sekolah, mahasiswa, atau bahkan pekerja. Air hujan yang menetes ke halaman buku dapat menyebabkan kerusakan serius, seperti halaman yang kusut, menguning, hingga rusaknya kualitas cetakan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat agar buku tetap terjaga meskipun terkena hujan. Berikut adalah beberapa cara efektif yang diambil dari berbagai sumber untuk melindungi buku dari kerusakan akibat air.

1. Gunakan Pelindung Buku

Salah satu langkah sederhana dan efektif adalah menggunakan pelindung buku yang terbuat dari bahan tahan air. Banyak tersedia sampul plastik atau cover buku khusus yang dirancang untuk menjaga buku dari kelembaban. Beberapa orang juga memilih menggunakan plastik ziplock sebagai solusi darurat untuk melindungi buku ketika hujan.

2. Simpan Buku di Dalam Tas Anti Air

Bagi yang sering bepergian membawa buku, memiliki tas dengan bahan anti air atau menggunakan tas berlapis kedap air adalah solusi ideal. Tas jenis ini dapat mencegah air masuk dan meresap ke dalam buku di dalamnya. Jika tidak memiliki tas anti air, bungkus buku dengan kantong plastik atau kain pelindung yang tidak menyerap air.

3. Bawa Payung atau Jas Hujan

Meskipun terlihat klasik, membawa payung atau jas hujan saat keluar rumah, terutama saat cuaca tak menentu, adalah langkah preventif yang baik. Selain melindungi tubuh, payung atau jas hujan juga bisa melindungi barang-barang di dalam tas, termasuk buku.

4. Hindari Meletakkan Buku di Bagian Bawah Tas

Sering kali, bagian bawah tas adalah area yang paling rentan terkena basah saat hujan. Oleh karena itu, simpanlah buku di bagian tengah atau atas tas, di antara barang-barang lain, sehingga lebih terlindungi dari kemungkinan terkena air.

5. Gunakan Silica Gel

Silica gel, yang biasa ditemukan dalam kotak sepatu atau produk elektronik, bisa membantu menyerap kelembapan berlebih. Menyimpan satu atau dua kantong silica gel di dekat buku di dalam tas dapat mengurangi risiko kelembapan yang dapat merusak buku jika terjadi kebocoran kecil.

6. Segera Keringkan Buku yang Basah

Jika buku sudah terlanjur basah, segera keringkan dengan cara yang tepat. Hindari menjemur buku langsung di bawah sinar matahari karena ini bisa menyebabkan halaman menjadi keriting. Sebaiknya, letakkan buku di tempat yang kering dan berventilasi baik, serta sisipkan tisu atau kertas penyerap di antara halaman untuk membantu menyerap kelembapan.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, buku dapat terjaga kualitasnya dan tetap awet meskipun terkena air hujan. Melindungi buku dari cuaca buruk tidak hanya memastikan buku tetap dalam kondisi baik, tetapi juga menjaga nilai sentimental dan edukasi yang terkandung di dalamnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.