Berita

BPIP Ajak Elemen Bangsa Gotong Royong Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

Selasa, 07 Desember 2021 - 14:27
BPIP Ajak Elemen Bangsa Gotong Royong Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru Wali Kota Malang, Sutiaji saat mengecek kawasan terdampak abu vulkanik dari Erupsi Gunung Semeru, Senin, 6 Desember 2021. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Susetyo mengajak kepada anak-anak bangsa untuk bergotong royong membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Menurutnya dengan solidaritas kemanusiaan dipastikan akan meringankan beban para korban korban. "Solidaritas kemanusiaan memangil anak bangsa untuk membantu saudara kita yang terkena dampak letusan gunung semeru," ucap Romo Benny dalam keterangan resmi kepada TIMES Indonesia, Selasa (7/12/2021).

Tidak hanya masyarakat dan relawan, Romo Benny juga mendorong kepada unsur pemerintah, BUMN, swasta untuk berbondong membantuk para korban sesuai dengan kemampuan masing-masing. "Kita yakin dengan gotong royong dan kebersamaan semua unsur akan membantu untuk meringan beban korban," kata dia.

Seperti diberitakan, Gunung Semeru memuntahkan material vulkanik berupa guguran awan panas dan abu vulkanik saat erupsi pada Sabtu 4 Desember 2021 sore.

Erupsi Gunung Semeru terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, dimana awan panas keluar disertai material vulkanik dimuntahkan mengarah ke Curah Kobokan sejauh 10 - 11 kilometer dari kawah Gunung Semeru.

Data BNPB, korban erupsi Gunung Semeru terus bertambah di hari kedua pencarian pada Senin (6/12/2021). Tercatat ada 22 korban meninggal telah ditemukan tim penyelamat gabungan di beberapa lokasi. Sebanya 16 korban diantaranya sudah berhasil diidentifikasi.

Romo Benny berharap kepada keluarga korban supaya tabah dan sabar dengan ujian yang dihadapinya, karena dirinya yakin akan ada hikmah dengan musibah atau bencana alam tersebut.

"Kita berdoa untuk para korban bencana alam erupsi Gunung Semeru mendapatkan pahala dari Tuhan yang Maha Esa," demikian Romo Benny Susetyo, Staf Khusus Ketua BPIP. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.