Berita

Jemaah Cuci Kopyah Pakai Air Zamzam, Ini Manfaat Air Zamzam Menurut Islam

Kamis, 23 Juni 2022 - 14:39
Jemaah Cuci Kopyah Pakai Air Zamzam, Ini Manfaat Air Zamzam Menurut Islam Jemaah Haji meminum air Zam-zam di sekitar Masjidi Haram, Makkah. (Foto: Yatimul Ainun/TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Ada-ada saja hal unik yang dilakukan oleh jemaah calon haji Indonesia, saat berada di tanah suci. Baik saat ada di Madinah atau di Makkah. Dari mulai jemaah Calon Haji Indonesia (JCH Indonesia) yang membawa surat tanah, membawa uang puluhan juta untuk didoakan saat di Raudhah, hingga mencuci Kopyah atau lainnya dengan air Zamzam.

Salah satunya dilakukan Tiastuti, ibu dari tiga anak, asal Jawa Timur. Ia mencuci Kopyah putih dua puluh biji yang baru dibelinya dari salah satu tokoh di Makkah. Ia mencuci Kopyah buat oleh-oleh saat tiba di Indonesia nanti. 

Saat ditanya petugas haji Indonesia, Tiastuti menjawab, "Ini Kopyah baru beli. Dua puluh biji. Saya cuci air zamzam biar yang pakai bisa segera dipanggil ke sini (ke Makkah) juga," katanya santai, sambil mencuci Kopyah di kran Zamzam yang ada di Masjidil Haram, Kamis (23/6/2022) dini hari, Waktu Arab Saudi.

air-Zam-zam-b.jpg

Tiastuti menyakini, apapun yang cuci air zamzam akan membawa berkah. Baik baju, sorban, dan pakaian lainnya. Tak jarang juga jemaah yang mencuci kain kafan atau kain ihram dengan air zamzam, sebelum dibawa pulang ke Indonesia.

"Bukan tradisi. Tapi hanya mau ambil berkah dari air Zamzam," katanya singkat.

Menurut Islam, memang banyak manfaat dan hikmah air Zamzam jika diminum oleh siapapun. Sangat baik untuk kesehatan dan lainnya. Bahkan, Islam juga mengatur cara dan doa minum air Zamzam. Salah satu doa yang dipanjatkan oleh Ibnu Abbas RA adalah sebagai berikut:

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

Allaahumma innii as-aluka 'ilman naafi'an, wa rizqan waasi'an, wasyifaa-an min kulli daa-in.

air-Zam-zam-c.jpg

Artinya: Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari tiap penyakit.

Dalam hadits lain yang riwayat Imam Muslim juga disebutkan, Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit."

"Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan."

"Jika kamu meminumnya untuk dilindungi dari kenakalan si pembisik, Allah akan melindungi Anda. Jika kamu meminumnya hingga merasa kenyang, Allah akan membuat Anda merasa kenyang dan puas."

Sementara itu, dalam kajian ilmiah lainnya juga menyebutkan, bahwa keajaiban air Zamzam adalah tetap mengalir sejak 2000 SM sehingga memicu adanya kehidupan di gurun pasir yang gersang di Saudi Arabia. 

Keajaiban lain juga, air Zamzam adalah komposisinya yang relatif stabil yang tidak memiliki perubahan yang terobservasi pada komposisi mineral dan pH alkaline setelah dua tahun.

Air Zamzam juga memiliki efek antioksidan. Antioksidan dapat menekan radikal bebas. Hal ini telah dibuktikan oleh Abdelsalam dkk di tahun 2012, yang menyimpulkan bahwa efek antioksidan air Zamzam di mencit (tikus kecil) percobaan dapat mengurangi stres oksidatif. Sifat alamiah air Zamzam yang nontoksik dan aman terbukti pada hewan coba.

Yazdi, seorang peneliti air Zamzam (2017) juga menyebutkan bahwa air Zamzam alkaline memiliki kapabilitas sebagai radioprotector, melalui micronuclei assay, sebagai metode efektif untuk menguji sitotoksisitas agen-agen seperti radiasi ion, materi kimiawi pada mamalia. Efek radioprotektif dapat diukur dengan dose reduction factor (DRF).

Air Zamzam telah mengurangi efek radiasi pada sel-sel sumsum tulang dan efek radioprotektifnya meningkat oleh penggunaannya pada mencit.

"Namun, riset tersebut memerlukan observasi lanjutan untuk mengevaluasi aplikasinya, terutama pada pasien radioterapi yang memiliki banyak problematika, seperti menelan, selera makan, dan sebagainya," begitu jelas dr Dito Anurogo MSc, dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah (FK Unismuh) Makassar, dalam tulisan opininya, yang dimuat antara 16 September 2018.

Manfaat ini bisa dirasakan langsung oleh JCH Indonesia yang tengah menjalankan ibadah Haji 2022.(*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.