https://jakarta.times.co.id/
Berita

Tips Memulai Usaha dari Dhea, Pebisnis Muda

Sabtu, 18 Maret 2023 - 08:12
Tips Memulai Usaha dari Dhea, Pebisnis Muda Dhea Leony Charismata, seorang pebisnis muda asal Malang (FOTO:instagram/dheaalcc)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Merintis bisnis di usia 20 tahun bukan hal mudah bagi perempuan muda asal Malang ini. Dhea Leony Charismata, perempuan yang kerap disapa Dhea ini memiliki tekad yang besar sukses merintis usaha di usia muda.

Sejumlah prestasi diraih Dhea antara lain, menjadi Mbakyu Persahabatan Kakang Mbakyu Kota Malang 2021, Winner Duta Pemuda Kabupaten Malang Tahun 2021, Mahasiswa Entrepreuner Terpilih Universitas Brawijaya 2022. Saat ini, Dhea adalah mahasiswa jurusan Biologi Universitas Brawijaya.

Prestasi tersebut memotivasi Dhea terus berkembang. Pada 2021, Dhea membuka bisnis pertamanya bidang FnB, Bakar Mantan Grill Home Service. Selang satu tahun, Dhea membuka bisnis keduanya di bidang jasa fotografi dan self-photo studio, Studio Mantan.

Sejak SMA, Dhea suka berjualan untuk mendapat uang saku tambahan. Saat pandemi, Dhea melihat peluang yang besar untuk membuka bisnis pertamanya yaitu Bakar Mantan Grill. Sesuai dengan tagline Bakar Mantan “peseno tak terno nang omahmu” yang berarti silakan pesan, akan kami antar ke rumahmu.

“Saat pandemi aku suka banget nge-grill tapi kita gak boleh keluar, lalu aku memutuskan buka bisnis Bakar Mantan ini yang bisa dimakan di rumah bareng keluarga, jadi kita nggak perlu keluar rumah buat nge-grill biar kita yang antar ke rumah kalian,“ kata Dhea.

dhea-pembisnis-muda.jpgBisnis pertama Dhea Bakar Mantan Grill. (FOTO: instagram/bakarmantan_grill)

Saat akan memutuskan untuk membuka bisnis pertamanya, Dhea tidak mendapat dukungan dari orang tua karena pesimis dan ragu tidak mendapatkan keuntungan. Namun Dhea berhasil membuktikan kepada bahwa bisnis yang dijalani saat ini mendapat banyak pelanggan dan respona positif dari masyarakat.

Dhea menyampaikan bahwa menjadi pebisnis yang sukses tidak bisa dicapai dalam waktu singkat atau instan. Menurutnya, seorang pebisnis harus siap menghadapi kegagalan, kritik, dan terus belajar serta memperbaiki diri.

"Merintis dan mengelola bisnis sendiri itu tidak mudah, harus memiliki mental yang kuat dan persiapan yang matang. Akan banyak permasalahan yang datang saat berbisnis, namun kita harus tetap konsisten dan ingat apa tujuan kita dari berbisnis," tandasnya.

"Saya ingin menginspirasi kawula muda karena sekarang lapangan pekerjaan itu mulai sempit. Sehingga saya mendorong kawula muda untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, caranya adalah dengan berbisnis," lanjutnya.

Bagi Anda yang saat ini punya niat atau sedang menjalankan sebuah bisnis, berikut beberapa tips memulai bisnis dari Dhea untuk pemula.

4 Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula versi Dhea

1. Berani memulai

Sebagian besar orang merasa ragu untuk memulai bisnis karena takut rugi dan tidak mendapatkan untung sama sekali. Mulailah untuk lebih memantapkan hati dan berani mengambil keputusan.

2. Harus terus berinovasi

Dengan terus berinovasi kita bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Selalu melihat peluang di sekitar dan berpikir kreatif agar bisa menjadi solusi untuk kebutuhan masyarakat.

3. Pantang menyerah dan ulet

Saat menjalani bisnis kita akan sering mengalami pasang surut, maka dari itu kita tidak boleh mudah menyerah dan ulet agar kita selalu konsisten dan bertahan dengan apa yang kita jalani.

4. Mau belajar Hal Baru

Ketika kita memulai bisnis, mau tidak mau kita harus belajar bagaimana memulai bisnis yang baik apalagi jika bisnis ini bukan bidang kita sebelumnya. Jangan cepat puas dengan apa sudah kita miliki saat ini, kita harus mempunyai keinginan yang besar untuk terus belajar mengasah kemampuan. Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada pengusaha senior. (*)

Pewarta : Nungki Ayu Febrianti (MG-MBKM)
Editor : Bambang H Irwanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.