https://jakarta.times.co.id/
Berita

Perang Dimulai, Israel Serang Iran Sabtu Dini Hari

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:32
Perang Dimulai, Israel Serang Iran Sabtu Dini Hari Gambar yang diunggah di X menunjukkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan para jenderalnya memantau serangan udara IDF terhadap Iran pada Sabtu dini hari. (FOTO: Arab News)

TIMES JAKARTA, JAKARTAIsrael akhirnya mewujudkan ancamannya, Sabtu (26/10/2024) dini hari tadi melancarkan serangan terhadap target militer di Iran.

Laksamana Muda Daniel Hagari, juru bicara utama Pasukan Pertahanan Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari mengumumkan serangan Israel terhadap Iran itu di platform media sosial X pada hari Sabtu.

Dilansir Arab News, Televisi pemerintah Iran juga mengatakan,  bandara-bandara di Teheran termasuk bandara Internasional Imam Khomeini masih "normal", setelah melaporkan beberapa ledakan terjadi di sekitar ibu kota.

Media pemerintah Suriah mengatakan serangan udara Israel itu juga menargetkan beberapa lokasi militer di Suriah tengah dan selatan.

Pasukan Pertahanan Israel mengumumkan di media sosial. bahwa serangan itu dilakukan sebagai tanggapan terhadap serangan terus-menerus selama berbulan-bulan oleh rezim Iran.

"Saat ini Pasukan Pertahanan Israel sedang melakukan serangan tepat terhadap target militer di Iran," kata pernyataan IDF pada X.

Israel telah merencanakan tanggapan terhadap serangan rudal balistik yang dilakukan oleh Iran pada tanggal 1 Oktober, serangan langsung kedua Teheran terhadap Israel dalam enam bulan.

Dalam pernyataannya, IDF mengatakan, rezim di Iran dan proksinya di wilayah tersebut telah menyerang Israel tanpa henti sejak 7 Oktober di tujuh front, termasuk serangan langsung dari wilayah Iran.

Seperti setiap negara berdaulat lainnya di dunia, Negara Israel memiliki hak dan kewajiban untuk menanggapinya.

"Kemampuan defensif dan ofensif kami, kami dikerahkan sepenuhnya. Kami akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk membela Negara Israel dan rakyat Israel," kata pernyataan yang dibacakan oleh Laksamana Muda Daniel Hagari itu.

Di Teheran, ibu kota Iran, suara ledakan masih terdengar hingga pagi tadi.

Media pemerintah di sana awalnya mengakui sedikitnya enam ledakan terdengar di sekitar Teheran dan mengatakan beberapa suara berasal dari sistem pertahanan udara di sekitar kota. 

Seorang warga Teheran mengatakan kepada AP,  bahwa sedikitnya tujuh ledakan terdengar, yang mengguncang daerah sekitarnya. Warga tersebut berbicara dengan syarat identitasnya dirahasiakan karena takut akan pembalasan.

Televisi pemerintah Iran kemudian mengatakan bahwa operasi di bandara Teheran termasuk bandara Internasional Imam Khomeini "normal".

"Operasional di Bandara Internasional Imam Khomeini dan Bandara Mehrabad berjalan normal dan terus beroperasi sesuai jadwal," kata presenter TV pemerintah itu, mengutip pernyataan kepala bandara Mehrabad dan Bandara Imam Khomeini.

NBC News dan ABC News melaporkan, mengutip seorang pejabat Israel.l, serangan Israel terhadap Iran tidak menyasar fasilitas nuklir atau ladang minyak Iran, namun difokuskan pada target militer.

Di Washington, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Sean Savett mengatakan, serangan tertarget terhadap target militer itu adalah latihan membela diri dan sebagai respons terhadap serangan rudal balistik Iran terhadap Israel pada tanggal 1 Oktober.

"Amerika Serikat juga telah diberitahu sebelumnya, tapi AS tidak terlibat keterlibatan AS,” kata seorang pejabat pertahanan AS kepada AFP, dengan syarat anonim.

Pejabat itu tidak mengatakan seberapa jauh sebelumnya Amerika Serikat telah diberitahu atau apa yang telah dibagikan oleh Israel.

Sementara itu, media pemerintah Suriah mengatakan serangan udara Israel juga menargetkan beberapa lokasi militer di Suriah tengah dan selatan.

Iran telah meluncurkan dua serangan rudal balistik ke Israel dalam beberapa bulan terakhir di tengah perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung di Jalur Gaza yang dimulai dengan serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023.

Israel juga telah meluncurkan invasi darat ke Lebanon.

Serangan itu terjadi tepat saat Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tiba kembali di AS setelah melakukan lawatan ke Timur Tengah dimana ia dan pejabat AS lainnya telah memperingatkan Israel untuk memberikan tanggapan yang tidak akan semakin meningkatkan konflik di kawasan itu dan mengecualikan situs nuklir di Iran.

Israel sebelumnya begitu antusias membalas Iran dengan keras setelah serangan rudal besar-besaran Iran pada 1 Oktober.

Iran mengatakan serangannya itu sebagai tanggapan atas serangan mematikan Israel terhadap proksinya di Lebanon, Hizbullah, dan telah berjanji untuk menanggapi setiap serangan balasan.

Israel dan Iran telah menjadi musuh bebuyutan sejak Revolusi Islam 1979.

Israel menganggap Iran sebagai ancaman terbesarnya, karena para pemimpin Iran selalu mengatakan, agar Israel dihancurkan. 

Disamping itu alasan lain adalah dukungan Israel terhadap kelompok militan anti-Israel, dan program nuklir negara itu.

Israel dan Iran telah terlibat dalam perang bayangan selama bertahun-tahun.

Sebuah operasi pembunuhan yang diduga dilakukan Israel telah menyebabkan para ilmuwan nuklir terkemuka Iran meninggal dunia. A Instalasi nuklir Iran telah diretas atau disabotase, semuanya dalam serangan misterius yang dituduhkan kepada Israel.

Sementara itu, Iran telah disalahkan atas serangkaian serangan terhadap pengiriman barang di Timur Tengah dalam beberapa tahun terakhir, yang kemudian berkembang menjadi serangan oleh pemberontak Houthi Yaman terhadap pengiriman barang melalui koridor Laut Merah.

Namun sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, pertempuran semakin terbuka.

Israel baru-baru ini mengalihkan perhatiannya ke Hizbullah, yang telah menembakkan roket ke Israel sejak perang di Gaza dimulai.

Sepanjang tahun, sejumlah tokoh militer Iran meninggal dunia oleh serangan Israel di Suriah dan Lebanon.

Iran menembakkan gelombang rudal dan pesawat nirawak ke Israel April lalu karena dua jenderal Iran meninggal dunia oleh serangan udara Israel di Suriah, di pos diplomatik Iran.

Rudal dan pesawat nirawak tersebut hanya menimbulkan kerusakan minimum, dan Israel yang mendapat tekanan dari negara-negara Barat untuk menahan diri  menanggapinya dengan serangan terbatas.

Namun, setelah serangan rudal Iran pada awal Oktober, Israel kemudian berjanji akan membalas dengan lebih keras.

Gelombang kedua

Menurut sumber-sumber di Israel, beberapa waktu lalu, Israel melancarkan serangan gelombang kedua terhadap Iran

Sebelumnya, media pemerintah Iran melaporkan memang terdengar beberapa ledakan di Teheran Sabtu dini hari waktu setempat.

Seorang penduduk mengatakan kepada CNN, bahwa dia terbangun karena mendengar suara ledakan dari kejauhan dan ia menggambarkan kehadiran besar Korps Garda Revolusi Islam di kota itu sepanjang hari.

Pada Sabtu dini hari, beberapa ledakan terdengar di Teheran, ibu kota Iran. 

Seorang pejabat di Bandara Internasional Imam Khomeini menolak tuduhan atas terjadinya insiden keamanan dan mengatakan bahwa penerbangan dilakukan sesuai jadwal.

Menurut seorang pejabat di Departemen Hubungan Masyarakat Pertahanan Udara Provinsi Teheran, suara yang terdengar di ibukota Iran, Teheran terkait dengan pengaktifan Pertahanan Udara Provinsi di tiga lokasi di luar Teheran. Tetapi rincian lebih lanjut sedang diselidiki. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.