TIMES JAKARTA, JAKARTA – Mahasiswa Marketing Communication (MKTC25-1TP) dari Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR menyelenggarakan acara BhoomeEco, sebuah inisiatif inspiratif yang bertujuan mengurangi food waste.
Acara yang berlangsung pada Minggu, 28 Juli 2024, di Salihara Art Centre, Jakarta Selatan, ini menghadirkan rangkaian kegiatan edukatif dan interaktif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan makanan yang lebih berkelanjutan.
Mengusung tema "Choose Eco, Not Ego!", BhoomeEco mengajak peserta untuk berpartisipasi dalam talkshow dan pameran yang penuh dengan informasi dan solusi praktis tentang pengurangan limbah makanan.
Talkshow BhoomeEco yang bertema "Sustainable Eco: Empathy over Ego" menampilkan Genta Pradana sebagai Master of Ceremony, dan menghadirkan pembicara-pembicara inspiratif seperti, Geo Septianella, Founder dari Bee Youth, Jerhemy Owen Environmental Student & Content Creator, dan Yosi Twentiarani SDGs Certificate Leader
Acara pameran BhoomeEco akan menampilkan instalasi seni kreatif dan spot interaktif yang dirancang untuk membuka mata pengunjung tentang pentingnya mengurangi food waste dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan nyata demi lingkungan yang lebih baik.
Melvin Bonardo Simanjuntak M.I.Kom, Wakil Kepala Program Studi Marketing Communication sekaligus dosen mata kuliah Community Development, menyatakan BhoomeEco adalah bentuk nyata dukungan LSPR terhadap kurikulum merdeka belajar dan pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) dalam program Kampus Merdeka
"Kami berharap mahasiswa LSPR dapat mengaplikasikan ilmu yang dipelajari serta mengasah kepedulian terhadap lingkungan dan komunitas," kata Bonardo.
Rivandya Fadala Danawan, Ketua pelaksana BhoomeEco, menambahkan BhoomeEco 2024 hadir untuk meningkatkan kesadaran dan membahas isu lingkungan, khususnya food waste, serta mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 12.
"Kami ingin mendorong perubahan positif dalam perilaku masyarakat terhadap pengelolaan makanan. Partisipasi aktif semua pihak sangat penting untuk menciptakan kehidupan berkelanjutan," katanya.
Geo Septianella, Founder Bee-Youth!, menyampaikan rasa syukurnya atas kolaborasi dengan BhoomeEco. Kolaborasi ini adalah jawaban dari Tuhan untuk mendukung pengembangan produk komunitas Bee-Youth.
"Kami berharap acara ini dapat mengedukasi masyarakat dan mendorong penggunaan produk-produk ramah lingkungan," kata Geo.
Dengan terselenggaranya BhoomeEco: Choose Eco, Not Ego!, diharapkan dapat menjadi platform edukasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengurangi food waste. Acara ini bertujuan memicu perubahan positif dalam perilaku sehari-hari terkait pengelolaan makanan dan mendorong adopsi praktik-praktik ramah lingkungan.(*)
Pewarta | : Rochmat Shobirin |
Editor | : Imadudin Muhammad |