https://jakarta.times.co.id/
Ekonomi

Harga Bitcoin Terus Naik, Catat Rekor di Atas 1 Miliar Rupiah

Selasa, 12 Maret 2024 - 11:01
Harga Bitcoin Terus Naik, Catat Rekor di Atas 1 Miliar Rupiah ilustrasi - Harga Bitcoin terus meningkat. Reuters mencatat harga Bitcoin pada Senin (11/3/2024) mencapai lebih dari 72.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp1,1 miliar. (foto: yahoo finance)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Harga Bitcoin terus naik melampaui angka $72.000 (sekitar Rp1,1 miliar) tanpa tanda-tanda perlambatan. Harga terakhir Bitcoin naik 4,4% menjadi $72.649 setelah mencapai puncak harga $72.739. 

Dikutip dari Reuters, Selasa (12/3/2024), uang kripto telah didorong oleh arus masuk uang ke dana baru yang diperdagangkan di bursa Bitcoin, serta harapan akan penurunan suku bunga yang akan segera dilakukan oleh Bank Federal.

"Lonjakan nilai Bitcoin baru-baru ini menekankan kekuatan dan ketahanan luar biasa dari mata uang kripto terkemuka ini. Capaian ini bukan hanya sebagai tonggak sejarah yang signifikan, tetapi juga mencerminkan kepercayaan dan permintaan yang terus berlanjut di pasar," kata analis dari Bitfinex dalam catatan penelitian mereka.

Meskipun aliran modal ke 10 dana yang diperdagangkan di bursa spot Bitcoin terbesar di AS melambat ke level terendah dalam dua minggu pada minggu hingga 8 Maret, data LSEG menunjukkan bahwa masih mencapai hampir $2 miliar.

"Bitcoin memulai minggu ini dengan lonjakan, yang membawa mata uang kripto lainnya naik ke posisi yang lebih tinggi," kata Nick Cawley, ahli strategi dari DailyFX.

Pasokan Bitcoin, yang terbatas hingga 21 juta token, akan semakin terbatas pada bulan April, saat peristiwa yang dikenal sebagai "separuh" terjadi. 

Ini terjadi setiap empat tahun, di mana tingkat pelepasan pasokan baru ke dalam sirkulasi, serta imbalan bagi penambang kripto, dikurangi setengahnya, yang cenderung mendukung harga.

Pada hari Senin, regulator keuangan Inggris menjadi yang terbaru membuka jalan bagi produk perdagangan aset digital setelah mengumumkan bahwa mereka akan mengizinkan bursa investasi yang diakui untuk meluncurkan surat berharga yang didukung oleh kripto. Namun, FCA memperingatkan bahwa produk seperti crypto exchange traded note (ETNs) dapat merugikan investor ritel.

Permintaan terus meningkat di komunitas investasi, dengan manajer aset memegang rekor posisi bullish terbesar dalam sejarah bitcoin berjangka, menurut data mingguan dari Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS.

Ether, mata uang kripto lainnya, naik 3,97% menjadi $4.062,07, mendekati level tertingginya selama dua tahun. Spekulasi tentang persetujuan pencatatan ETF spot ether oleh regulator AS telah mendorong kenaikan harga sebesar 75% tahun ini.

Di sektor saham kripto, saham Coinbase naik 2,8%, sementara saham penambang kripto Riot Platforms dan Marathon Digital masing-masing turun 2,2% dan 6,1%.(*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.