Ekonomi

Tiga Kali Masuk 100 Koperasi Besar Indonesia, SBW Malang Jadi Pelopor Koperasi Wanita

Selasa, 23 Februari 2021 - 16:30
Tiga Kali Masuk 100 Koperasi Besar Indonesia, SBW Malang Jadi Pelopor Koperasi Wanita Ketua Koperasi SBW Malang, Sri Untari Bisowarno dan dua rekannya membawa piagam penghargaan, Selasa (23/2/2021). (Foto: Dok. Sri Untari)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Setia Budi Wanita (SBW) Malang kembali masuk dalam 100 Koperasi Besar Indonesia tahun 2021. Penghargaan yang diberikan oleh Majalah Peluang itu merupakan kali ketiga diterima oleh Koperasi SBW Malang.

Ketua Koperasi SBW Malang, Dr Sri Untari Bisowarno menuturkan, penghargaan pertama kali didapatkan pada tahun 2008 silam. Kemudian pada 2017, Koperasi SBW kembali meraihnya. Dan tahun ini, 2021, Koperasi SBW meraih penghargaan yang ketiga kalinya.

"Ini kali ketiga kita mendapatkan. Jadi ini dilakukan oleh majalah peluang ketika melakukan riset ke seluruh Indonesia," ujar Sri Untari, Selasa (23/02/2021) di Jakarta, usai menerima penghargaan yang diberikan setiap tiga tahun itu.

Sri-Untari-2.jpgKetua Koperasi SBW Malang, Sri Untari Bisowarno saat menerima penghargaan di Smesco Jakarta, Selasa (23/2/2021). (Foto: Dok. Sri Untari)

Untari menjelaskan, mekanisme riset dan penilaian yang dilakukan oleh pihak majalah peluang tersebut berkoordinasi langsung dengan Kementerian Koperasi RI.

"Mereka ngecek satu per satu seluruh koperasi itu, lalu mengambil data di Kementerian Koperasi juga dijadikan sebagai alat penilaian. Jadi mereka juga menyusun seluruh indikator secara rinci setiap tiga tahun dengan kategori baru," ungkapnya.

Dalam penghargaan 100 Koperasi Besar Indonesia, lanjut Untari, pihaknya kembali mendapatkan penghargaan dalam kategori Koperasi Wanita.

Dengan raihan yang ketiga kalinya, Untari sangat bersyukur. Sehingga Koperasi SBW ini pun juga telah dianggap sebagai pelopor Koperasi Wanita.

"Sebenarnya memang ada yang bertahan dan juga ada yang terlempar dan alhamdulillah SBW tetap bisa bertahan sejak awal. Maka tadi kita juga telah dianggap sebagai pelopor Koperasi Wanita," ujarnya.

Dengan dinilainya SBW sebagai pelopor koperasi wanita, kata Untari, pihak SBW sendiri juga diminta untuk memberikan ilmu kepada koperasi lain dan para wanita.

Sri-Untari-3.jpgKetua Koperasi SBW Malang, Sri Untari Bisowarno dan dua rekannya bersama Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. (Foto: Dok. Sri Untari)

"Kami merasa sangat bangga dengan penghargaan ini. Kita juga diminta untuk memberikan ilmu kepada yang lain," katanya.

Penghargaan yang telah dipertahankan oleh SBW selama tiga kali berturut-turut tersebut tak lepas dari peran seluruh anggota SBW.

Dengan peran para anggota yang tetap loyal dan pertahan, penghargaan tersebut diberikan kepada seluruh anggota yang telah bekerja keras selama ini.

"Ini semua karena anggota yang begitu setia dan loyal kepada SBW. Sehingga kita bisa mendapatkan penghargaan untuk ketiga kalinya," ujarnya.

Sebagai informasi, Ketua Koperasi SBW Malang, Dr Sri Untari Bisowarno bersama dua perwakilannya menghadiri penyerahan penghargaan 100 Koperasi Besar Indonesia yang diberikan langsung oleh Kementerian Koperasi pada tanggal 23 Februari 2021 di Smesco Indonesia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.