https://jakarta.times.co.id/
Gaya Hidup

Resep Dakgengjeong, Ayam Goreng Viral di Drakor Chicken Nugget 

Minggu, 24 Maret 2024 - 10:37
Resep Dakgengjeong, Ayam Goreng Viral di Drakor Chicken Nugget  Cuplikan adegan Chicken Nugget yang memunculkan dakgengjeong, ayam goreng khas Korea.

TIMES JAKARTA, JAKARTADrakor Chicken Nugget yang tayang di Netflix sukses mencuri perhatian. Drama komedi fantasi dengan 10 episode  itu bisa menjadi teman akhir pekan anda. 

Tapi hati-hati ngiler, sebab sepanjang drama muncul dakgengjeong atau ayam goreng Korea. Chicken Nugget mengisahkan seorang gadis bernama Min A yang mendadak berubah wujud menjadi dakgengjeong atau ayam goreng khas Korea. 

Ia berubah wujud saat mencoba alat baru yang tiba-tiba muncul di kantor ayahnya. Sang ayah dan karyawannya terkejut mendapati Min A berubah wujud. Mereka pun mencari cara untuk mengembalikan wujud asli Min A. 

dakgengjeong.jpg FOTO: omahresep

Lalu apa sih sebenarnya dakgengjeong?

Dakgengjeong berbahan dasar ayam yang digoreng. Sebenarnya ayam goreng khas KOrea itu sudah ada sejak zaman Dinasti Joseon. Namanya pogye dan pernah muncul dalam buku masak Sangayorok yang ditulis oleh seorang dokter kerajaan pada masa pemerintahan Raja Sejong. 

Dikutip dari The Korea Times, Raja Sejong dikenal menyukai daging, dan pogye menjadi hidangan yang paling sering disajikan di Surasang atau meja kerajaan Korea. Bahkan pogye juga menjadi hidangan untuk menjamu tamu kenegaraan. 

Berjalannya waktu, makin banyak varian ayam goreng khas Korea. Salah satunya dakgengjeong yang kini viral karena drakor Chicken Nugget. 

Dakgengjeong merupakan daging ayam yang dipotong kecil-kecil (tanpa tulang) lalu digoreng bersama tepung. Setelah garing, ayam goreng itu dilumuri dengan saus kental berwarna kuning kemerahan dengan rasa pedas dan manis yang khas. Makin lengkap dengan taburan wijen di atasnya. 

Hmm, menggiurkan yaa. Anda bisa kog bikin sendiri buat buka puasa nanti. 

Berikut resep dakgengjeong

Bahan:

250 gram paha ayam filet 
Tepung bumbu serbaguna, 
Minyak goreng 


Bahan saus:

2 sdm saus gochujang 
2 sdm kecap asin 
2 sdm madu 
1 sdm tepung maizena 
Garam dan merica bubuk 
Air secukupnya

Cara membuat:

Fillet ayam, dan potong kotak-kotak sesuai selera. Anda dapat memarinasi terlebih dahulu ayam dengan air perasan jeruk nipis (opsional). 

Setelah dicuci bersih, lumuri dengan tepung basah, dan balurkan ke tepung kering lalu goreng hingga gloden brown. 

Sembari menggoreng, campurkan semua bahan saus di panci, aduk rata, nyalakan api kemudian masak sampai meletub-letub. 

Masukkan ayam goreng dalam saus dan aduk rata. Nah jadi deh. Biar makin cantik dapat diberi taburan wijen saat disajikan. 

Nah buka puasa nanti Anda bisa menyantap dakgengjeong sembari nonton Chicken Nugget. Makin keren, sebab drakor ini dibintangi oleh Ryu Seung Ryong, Ahn Jae Hong, dan Kim Yoo Jung. (*)

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.