Berita

Empat Agenda Strategis PDI Perjuangan Hasil Rakernas II

Kamis, 23 Juni 2022 - 18:33
Empat Agenda Strategis PDI Perjuangan Hasil Rakernas II Rakernas II PDI Perjuangan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Bendahara DPD PDI Perjuangan Bali Dewa Made Mahayadnya membacakan empat agenda strategis partai sesuai rekomendasi Rapat Kerja Nasional II PDI Perjuangan (Rakernas II PDI Perjuangan)  2021, di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Dia membacakan rekomendasi rakenas tersebut mewakili Gubernur Bali I Wayan Koster yang kebetulan berhalangan.

Adapun rekomendasi pertama adalah Rakernas II PDI Perjuangan menegaskan pentingnya pangan sebagai pilar kedaulatan perekonomian negara, dimulai dari pengembangan benih unggul, peningkatan kualitas produksi, sistem distribusi yang berkeadilan, pencegahan konversi lahan pertanian produktif, dan hilirisasi industri pangan.

Yang kedua, Rakernas II PDI Perjuangan mendukung Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) di dalam melakukan pengembangan benih unggul, dan makanan bergizi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, dan keberdikarian di bidang pangan. Berkaitan dengan hal tersebut, Tiga Pilar Partai wajib mempercepat pembentukan Badan Riset Inovasi Daerah.

Sedangkan yang ketiga, Rakernas II PDI Perjuangan mencermati dampak pemanasan global dan kerusakan ekologi yang telah menyebabkan kenaikan permukaan air laut, bencana ekologi, krisis pangan, yang mengancam kelangsungan bumi dan seluruh kehidupan di dalamnya.  

"Berkaitan dengan hal tersebut, Tiga Pilar Partai wajib melakukan Gerakan Penghijauan secara berkesinambungan. Rakernas II Partai mendorong kebijakan afirmatif pemerintah di dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup melalui moratorium pembukaan hutan alam primer; pemberantasan ilegal logging dan reboisasi lahan-lahan kritis demi keberlanjutan ekologi," jelas Mahadyadnya.

Yang keempat, lanjut dia, Rakernas II Partai mendorong Pemerintah untuk mengurangi ketergantungan impor di bidang kesehatan dan farmasi.

Berkaitan dengan hal ini, kegiatan riset dan inovasi, peningkatan kemampuan produksi obat-obatan dan alat-alat kesehatan dalam negeri, peningkatan kualitas tenaga kesehatan dan pembangunan infrastruktur kesehatan harus menjadi skala prioritas bagi kemandirian sistem kesehatan nasional.

Sedangkan yang terakhir, Rakernas II PDI Perjuangan menempatkan pentingnya kedaulatan energi nasional.

Berkaitan dengan hal tersebut, partai mendorong pemerintah untuk mengakselerasi transisi energi dari ketergantungan pada energi fosil yang kotor ke pengembangan dan pemanfaatan energi terbarukan, seperti energi matahari, air, angin dan bioenergi. 

"Untuk memenuhi komitmen global mitigasi perubahan iklim, pemerintah perlu secara konsisten melakukan penghentian secara bertahan PLTU Batubara sesuai dengan umur kontrak dan sebaliknya mendorong pengembangan sumber-sumber energi terbarukan di seluruh Indonesia demi mewujudkan net zero emission tahun 2060 sebagaimana telah menjadi komitmen pemerintah," demikian Mahadyadnya soal 5 agenda strategis hasil rekomedasi Rakernas II PDI Perjuangan. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.