Berita

PDI Perjuangan Kuat di Pilpres 2024, Megawati Diprediksi Usung Puan Maharani

Jumat, 24 Juni 2022 - 17:18
PDI Perjuangan Kuat di Pilpres 2024, Megawati Diprediksi Usung Puan Maharani Megawati Soekarnoputri saat penutupan Rakernas II PDI Perjuangan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri diprediksi bakal mengusung putrinya sendiri yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani di Pilpres 2024

Direktur Political and Public Policy Studies Jerry Massie mengatakan, PDI Perjuangan akan sangat kuat di pilpres mendatang lantaran, partai banteng bukan hanya menguasai 128 kursi di DPR, tapi juga memiliki 215 kepala daerah seluruh Indonesia.

Menurutnya, akan menarik jika ada capres dari kalangan perempuan. Puan dinilai memiliki potensi besar untuk itu, bisa maju menjadi capres ataupun cawapres. Jerry menyebut pada pemilu 2019 lalu, ada 187 juta pemilih dan didominasi oleh pemilih perempuan.

"Jadi Puan harus menjangkau kelompok gender terlebih dulu. Dari performance politik, Puan sosok yang alami, punya pengalaman menjadi menteri dan kini ketua DPR," ucap Jerry dalam sebuah diskusi bertajuk 'Peluang Puan Maharani di Pilpres 2024 Mendatang', Kamis (23/6/2022).

Kata dia, ada banyak negara yang berhasil dipimpin perempuan, misalkan di Inggris ada Margaret Thatcher, di India ada Indira Gandhi, dan di Pakistan ada Benazir Bhutto. Indonesia juga pernah dipimpin presiden perempuan yaitu Megawati Soekarnoputri yang juga ibunda Puan Maharani.

Berbeda dengan di Amerika Serikat, demikian penjelasan Jerry, capres didominasi maskulin, bukan feminin. Sedangkan di Indonesia, tak ada undang-undang yang melarang perempuan menjadi capres.

Senada, Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing menyebut Puan merupakan tokoh inklusif dan pluralis. Menurut dia, Puan merupakan salah satu tokoh perempuan berkualitas yang mumpuni menjadi presiden periode 2024 - 2029. 

Sedangkan, Peneliti Ahli Utama Badan Riset Inovasi Nasional Siti Zuhro mengatakan, Puan sudah teruji mulai menjadi ketua komisi di DPR sampai jabatannya saat ini.

Siti Zuhro menyebut Puan tak lahir dari pemimpin yang instan, dia digembleng melalui ujian. "Saya sangat percaya kalau Puan akan dipilih Megawati. Tak mungkin Mega memilih kader lain selain anaknya," kata Siti Zuhro.

Siti Zuhro menyebut latar belakang Puan Maharani sebagai cucu Presiden Pertama RI Soekarno menjadi keuntungan bagi dia. Terlebih, dinilai bukan tipikal pemimpin yang gemar pencitraan untuk melenggang di Pilpres 2024. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.