Berita

Perubahan 22 Nama Jalan di Jakarta Berdampak ke KTP, Ini Kata Dirjen Dukcapil

Kamis, 23 Juni 2022 - 10:57
Perubahan 22 Nama Jalan di Jakarta Berdampak ke KTP, Ini Kata Dirjen Dukcapil Dirjen Dukcapil Kementerian dalam negeri, Zudan Arif Fakhrulloh saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/Antara)

TIMES JAKARTA, JAKARTADirjen Dukcapil Kementerian dalam negeri, Zudan Arif Fakhrulloh menjelaskan bahwa perubahan 22 nama jalan di Jakarta berdampak terhadap KTP masyarakat. Dia menyebut hal itu bisa ditangani dengan cepat dan efisien.

Oleh karena itu, dia meminta kepada masyarakat agar tidak mempermasalahkan hal ini. Zudan meminta warga tinggal di alamat yang diganti harus memperbarui data kependudukannya, dan itu bisa dilakukan secara online.

"Perubahan data wilayah akan berimplikasi pada perubahan data administrasi kependudukan dan pelayanan publik. Nah ini hal yang biasa, kemudian contoh seperti di DKI, itu kalau ada perubahan nama jalan, KK kita buat yang baru, KTP dibuat yang baru, kartu identitas dibuat yang baru," kata Zudan di Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Zudan menjelaskan Kemendagri akan mem-back up segala kebutuhan terkait administrasi kependudukan di daerah. Seperti menyediakan tambahan blangko e-KTP.

"Dari pemerintah pusat itu mem-back up daerah. Seperti DKI kami mem-backup penuh nanti DKI memerlukan apa, perlu didukung fasilitas apa blanko KTP dari pusat akan mendukung itu. Karena di dalam perubahan ini sudah dipikirkan dengan baik, sudah dipikirkan dengan matang," sambungnya.

Zudan mengatakan perubahan data kependudukan karena nama jalan diganti tidak memerlukan pengantar RT/RW setempat. Dia menyampaikan petugas Dukcapil akan jemput bola kepada warga memerlukan perubahan data identitas kependudukan tanpa dipungut biaya.

"Kepada masyarakat tidak perlu risau nanti itu diperbaiki tidak perlu pengantar RT/RW, gratis. Nanti tugasnya jemput bola datang ke RT, datang ke RW, atau kalau pas nggak ketemu, masyarakatnya ke Disdukcapil langsung diberikan dokumen yang baru," pungkas Zudan. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.