https://jakarta.times.co.id/
Berita

Nama Ketua DPD Gerindra DIY Mencuat di Bursa Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

Rabu, 11 September 2024 - 20:30
Nama Ketua DPD Gerindra DIY Mencuat di Bursa Menteri Kabinet Prabowo-Gibran Ketua DPD Gerindra DIY Danang Wicaksana Sulistya (DWS) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Dok.DPD Gerindra DIY)

TIMES JAKARTA, YOGYAKARTA – Jelang pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang, sejumlah kandidat untuk mengisi posisi menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

Salah satu kelompok yang menarik perhatian adalah alumni SMA Taruna Nusantara (TN), yang disebut akan diberi kepercayaan Prabowo untuk mengisi berbagai posisi strategis di kabinet baru

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo, pada acara Dialog Nasional bertajuk "Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045" yang berlangsung pada Minggu (8/9/2024).

Menurut Hashim, beberapa lulusan SMA TN kini berperan aktif dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM), yang memiliki pengaruh besar dalam pemenangan Pilpres 2024. Mayoritas lulusan TN yang tergabung dalam KIM berasal dari Partai Gerindra dan Partai Demokrat.

Prabowo akan memberi kesempatan kepada generasi muda, terutama para lulusan SMA TN, untuk berkontribusi di pemerintahan dalam membangun bangsa. 

Salah satu nama yang mencuat dalam bursa calon menteri adalah Ketua DPD Gerindra Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Danang Wicaksana Sulistya atau yang lebih dikenal dengan nama DWS.

DWS yang memiliki kedekatan dengan Prabowo, mempunyai rekam jejak cemerlang di Gerindra. 
Sejak 2014 ia dipercaya menjabat sebagai Ketua Bidang Informasi Strategis dan pernah menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra Kalimantan Timur pada periode 2017-2018.

Saat memimpin Tim Kampanye Daerah (TKD) DIY pada Pilpres 2024, DWS berhasil membawa kemenangan signifikan bagi pasangan Prabowo-Gibran di DIY dengan perolehan 1.269.265 suara dari total 2.506.765 suara sah.

Selain DWS, Wakil Ketua Harian DPP Partai Gerindra periode 2020-2025 yakni Sugiono juga masuk dalam daftar nama alumni SMA TN yang menjadi kandidat menteri. 

Sugiono terpilih sebagai anggota DPR RI Komisi I (2019-2024) Fraksi Gerindra dari Dapil Jawa Tengah I. Pada 2023, ia ditunjuk sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI setelah Bambang Kristiono meninggal dunia.

Ketua Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPP Gerindra sejak 2008, Prasetyo Hadi juga masuk dalam bursa. Ia pernah menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024, menggantikan Harry Poernomo yang mengundurkan diri pada 2020.

Beberapa nama lain yang masuk dalam radar kabinet adalah Sudaryono, yang baru-baru ini diangkat sebagai Wakil Menteri Pertanian. Selain itu, wakil sekretaris Dewan Pembina DPP Gerindra yang menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Simon Aloysius Mantiri juga berpotensi. 

Meireza Endipat Wijaya, Staf Khusus Menteri Pertahanan yang juga merupakan alumni SMA TN, turut disebut sebagai kandidat menteri berkat kedekatannya dengan Prabowo.

Para alumni SMA TN ini dinilai memiliki kompetensi dan rekam jejak yang mumpuni dalam bidang politik dan pemerintahan, menjadikan mereka aset berharga bagi pemerintahan Prabowo-Gibran untuk merealisasikan visi Indonesia Emas 2045.

Berikut adalah beberapa politisi lulusan Taruna Nusantara dari Partai Gerindra dan Demokrat:

Gerindra:

1. Sugiono, Wakil Ketua Komisi I DPR RI, TN 5
2. Prasetyo Hadi, Komisi II DPR RI, TN 6
3. Sudaryono, Wakil Menteri Pertanian, TN 11
4. Simon Mantiri, Komisaris Utama Pertamina, TN 6, Bendahara Umum Gerindra
5. Danang Wicaksana Sulistya (DWS), Ketua DPD DIY, TN 5
6. Meireza Endipat Wijaya, Stafsus Menhan, TN 10

Demokrat:

1. AHY, Menteri, Ketua Umum Demokrat, TN 5
2. Agust Jovan, Wasekjen Demokrat, Staf Khusus Menteri ATR/BPN, TN 5
3. Sigit Raditya, Direktur Eksekutif Demokrat, Staf Khusus Menteri ATR/BPN, TN 5
4. Herzaky, Kepala Bakomstra/Juru Bicara Demokrat, TN 5
5. Si Made Rai, Deputi BPOKK Demokrat, Staf Khusus Menteri ATR/BPN, TN 5
6. M Oki Isnaini, Deputi Bappilu Demokrat

Pewarta : Rahadian Bagus Priambodo
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.