Berita

Menaker RI Ida Fauziyah: Indonesia Dapat Bonus Demografi pada 2030

Senin, 25 Oktober 2021 - 18:01
Menaker RI Ida Fauziyah: Indonesia Dapat Bonus Demografi pada 2030 Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Menaker RI), Ida Fauziyah (foto: Dokumen/Kemanaker)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Menaker RI), Ida Fauziyah menegaskan bahwa Indonesia berpotensi besar mendapatkan bonus demografi yang puncaknya terjadi pada 2030. Hal itu terlihat dari generasi muda yang sangat produktif.

Menurut Menteri Ida, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak dan didominasi usia produktif, yaitu usia antara 14-64 tahun. Jumlah usia produktif mencapai 70 persen dari jumlah penduduk. Jika mereka difasilitasi kemampuannya dengan maka negara akan diuntungkan.

Dia menjelaskan untuk mendapatkan bonus demografi yang menguntungkan, dibutuhkan serangkaian persyaratan, di antaranya penduduk yang masuk kategori usia produktif memiliki kedisiplinan dan etos kerja yang tinggi.

“Jadi pemerintah berharap, bonus demografi justru suatu opportunity (kesempatan untuk maju) bagi Indonesia, bukan sebuah threat (ancaman) atau kendala,” kata Menteri Ida Fauziah di Jakarta, Senin (25/10/2021).

"Saya percaya dan yakin bonus demografi yang membawa dampak positif bagi Indonesia akan kita raih dan kita akan masuk menjadi negara maju di tahun 2045 kalau kita mempersiapkan dengan baik, termasuk Pesantren Bina Insan Mulia yang akan mempersiapkan Indonesia menjadi negara maju yang memiliki kedisiplinan yang tinggi dan etos kerja yang tinggi," lanjut Ida.

Menaker mengatakan, jumlah usia produktif yang ada di Indonesia merupakan anugerah yang harus dimanfaat dengan baik, sehingga menjadi bonus demografi dan bukan sebaliknya menjadi bencana demografi.

"Tidak semua negara mendapatkan bonus demografi. Di antara negara-negara yang mendapatkannya, yaitu Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan. Bonus demografi mengantarkan Jepang menjadi negara maju, mengatarkan Tiongkok menjadi negara maju, Korsel maju. Dan tidak sedikit juga yang gagal memanfaatkannya seperti Afrika dan Brazil," pungkas Menaker RI Ida Fauziyah. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.