https://jakarta.times.co.id/
Berita

Tim Advokasi Peduli Sepakbola Indonesia Kecam Kekerasan Pemain ke Wasit di PON 2024

Kamis, 19 September 2024 - 11:52
Tim Advokasi Peduli Sepakbola Indonesia Kecam Kekerasan Pemain ke Wasit di PON 2024 Koordinator Tim Advokasi Peduli Sepakbola Indonesia Samuel Sihombing (foto paling kanan) bersama anggota. (foto: TAPSI)

TIMES JAKARTA, SURABAYA – Tim Advokasi Peduli Sepakbola Indonesia (TAPSI) meminta Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) selaku Pihak Penyelenggara Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh Sumut 2024 (PON 2024), agar turun tangan dan bersinergi dengan PSSI dalam melakukan investigasi terkait masalah kekerasan pada pertandingan sepakbola antara Kesebelasan Sulawesi Tengah melawan Aceh  pada babak perempat final di Stadion Dimurthala, Banda Aceh.

TAPSI yang terdiri dari Samuel Sihombing, S.H., M.H., Melvin Julian, S.H., Johan Imanuel. S.H., Hema Anggiat Marojahan Simanjuntak, S.H., M.H, dan Rimhot Siagian, S.H. mengecam adanya kekerasan dalam pertandingan sepakbola di ajang PON 2024 antara kesebelasan Sulawesi Tengah melawan Aceh.

"Ini sangat disayangkan karena kekerasan terjadi lagi, ajang PON yang seharusnya menjadi ajang bagi bibit-bibit muda Indonesia untuk unjuk gigi malah tercoreng seperti ini. Perlu diingat kekerasan Ini merupakan dugaan tindak pidana," ujar Samuel

TAPSI juga menyesalkan kinerja dari Wasit yang memimpin pertandingan dinilai cenderung memihak salah satu tim.

"Kalau dilihat dari banyak rekaman video yang tersebar di media sosial maka bisa dibilang wasit ini cenderung memihak sehingga sampai terjadi kekerasan" kata Rimhot

TAPSI berharap semua pihak yang menyebabkan dan menimbulkan kekerasan di Pertandingan Sepakbola  PON 2024 harus ditindak tegas serta diberikan Sanksi yang berat.

"Jadi hukum di Indonesia tegas, sebab akibat nya apa jadi kepolisian harus tindak tegas agar persoalan ini tidak menjadi kebiasaan dalan Sepakbola kita. Oleh karenanya Ketua KONI harus turun tangan dan bersinergi dengan PSSI untuk melakukan investigasi sehingga memudahkan kepolisian menindak pelaku-pelaku yang terlibat," ujar Johan.

"Disamping itu, kami mendesak adanya klarifikasi dari pihak-pihak yang merasa dirugikan khususnya bagi pihak yang saat ini diduga melakukan kekerasan agar berita yang ada di masyarakat menjadi tidak simpang siur," kata Melvin. (*)

Pewarta : Hainorrahman
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.