https://jakarta.times.co.id/
Berita

x

Sabtu, 21 September 2024 - 01:36
Kondom Firaun Bikin Heboh Lagi, Ternyata Ini Cara KB di Mesir Kuno Penemuan kondom Firaun dari zaman Mesir Kuno. (FOTO: Tangkapan layar Facebook Egypt Museum)

TIMES JAKARTA, JAKARTAKondom milik Firaun Tutankhamun kembali bikin heboh! Penemuan ini pertama kali ditemukan arkeolog legendaris Howard Carter pada tahun 1922, saat membuka makam sang Firaun. Nah, sekarang, kondom kuno tersebut kembali mencuat dan bikin netizen penasaran.

Kondom ini nggak sembarangan, lho! Terbuat dari kain linen halus yang dilapisi minyak zaitun, kondom tersebut diikatkan dengan tali dan ternyata masih menyimpan jejak DNA dari Firaun yang memimpin Mesir sekitar 3.000 tahun lalu. Menarik, kan?

Penemuan Carter itu bisa jadi menegaskan betapa seriusnya orang Mesir kuno memperlakukan barang-barang pribadi, bahkan yang sifatnya sangat intim sekalipun. 

Kondom yang ditemukan di Mesir berwarna putih dengan corak coklat kekuningan. Berdasarkan analisis para ilmuwan, kondom ini kemungkinan besar nggak digunakan sebagai alat kontrasepsi seperti yang kita kenal sekarang. 

Sejarawan menduga benda ini lebih bersifat simbolik atau ritual. Karena itulah, kondom ini dianggap penting untuk dikuburkan bersama Firaun.

Para ahli Mesir kuno percaya bahwa kondom ini mungkin lebih sebagai perlindungan spiritual atau simbol kekuatan dan status Firaun.

Benda-benda yang ditemukan di makam memang sering punya makna mendalam, nggak sekadar fungsi fisik semata.

Selain kondom, orang Mesir kuno juga punya cara kontrasepsi lain yang nggak kalah menarik. Salah satunya yang tertulis di Papirus Medis Kahun, teks medis kuno, adalah penggunaan pessary. 

Ini adalah sejenis alat kontrasepsi yang terbuat dari campuran kotoran buaya dan bahan alami lainnya. Alat ini dipakai oleh perempuan Mesir untuk mencegah kehamilan. Kebayang, nggak?

Penemuan kondom dan metode kontrasepsi lainnya ini membuka wawasan kita tentang bagaimana orang Mesir kuno menjaga kesehatan reproduksi.

Tak hanya soal barangnya, tapi juga budaya dan kebiasaan hidup mereka sehari-hari yang ternyata sangat menarik untuk dipelajari.

Jadi, penemuan kondom milik Firaun Tutankhamun ini nggak cuma jadi artefak kuno, tapi juga bisa dibilang “alat KB” di zamannya. 

Bahkan, seorang raja besar dari peradaban Mesir pun ternyata sudah memikirkan cara-cara untuk keluarga berencana. Siapa sangka?

Alhasil, penemuan kondom tersebut semakin menambah bukti bahwa Mesir kuno punya banyak hal menarik yang sampai sekarang masih jadi misteri. 

Sedangkan Firaun, yang dulunya dikenal karena kekuasaannya, ternyata juga peduli pada hal-hal yang sangat pribadi seperti kesehatan reproduksi. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.