Berita

Komisi V DPR RI Minta Pemerintah Beri Insentif Maskapai Penerbangan

Kamis, 08 April 2021 - 12:56
748
Komisi V DPR RI Minta Pemerintah Beri Insentif Maskapai Penerbangan Ilustrasi - Garuda Indonesia. (FOTO: Jetphotos.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Komisi V DPR RI Lasarus meminta pemerintah segera memberikan insentif kepada seluruh maskapai penerbangan di Indonesia yang dapat menjadi stimulus pemulihan ekonomi nasional terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Insentif berupa pengurangan pungutan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari biaya-biaya kebandar-udaraan termasuk biaya mendarat pesawat yang selama ini dibebankan ke maskapai.

“Pemberian insentif harus sama kepada seluruh maskapai, baik maskapai milik negara dan juga maskapai swasta nasional. Pemberian insentif sangat penting karena maskapai memiliki andil terhadap pertumbuhan ekonomi dan berkontribusi juga kepada penerimaan negara,” ucap Lasarus di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Legislator PDI Perjuangan ini mengatakan pemberian insentif tidak hanya urusan Kementerian Perhubungan tetapi juga melibatkan Kementerian Keuangan terkait pembiayaan insentif.

Lasarus menjelaskan, dibutuhkan sejumlah insentif agar maskapai bisa pulih dari dampak pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung setahun terakhir.

Terlebih saat ini di saat memasuki Ramadhan dan Lebaran 2021, karena biasanya pada periode musim liburan seperti ini maskapai bisa meningkatkan penerimaan.

Itu sebabnya, insentif menjadi semakin dibutuhkan maskapai sebagai kompensasi dari pelarangan mudik Lebaran yang diperkirakan semakin menyulitkan maskapai.

Selain insentif perpajakan, maskapai juga membutuhkan fleksibilitas pembayaran ke sejumlah BUMN yang terkait penerbangan, seperti Pertamina, operator bandara Angkasa Pura I dan II, dan AirNav. Fleksibilitas pembayaran ke Pertamina terkait dengan biaya avtur, yang memakan 40-45 persen biaya operasional maskapai.

“Persoalannya saat ini, Kementerian Keuangan harus bersedia penerimaan negara dari industri ini berkurang. Masalah insentif bagi maskapai ini yang akan kami bahas lebih intensif dengan Dirjen Perhubungan Udara," tandas Lasarus, Ketua Komisi V DPR RI minta pemerintah segera memberikan insentif kepada maskapai penerbangan di Indonesia terdampak Pandemi Covid-19. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.