Berita

CEK FAKTA: Salah, Pemilu 2024 Tidak Ada Debat Capres-Cawapres

Sabtu, 25 November 2023 - 13:30
CEK FAKTA: Salah, Pemilu 2024 Tidak Ada Debat Capres-Cawapres Klaim di media sosial tentang tidak ada debat capres-cawapres dalam Pemilu 2024.

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Beredar video Tiktok dengan narasi Pemilu 2024 tidak ada debat capres dan cawapres. Salah satu video diunggah oleh akun @trismiati6.

Video berdurasi 15 detik itu menampilkan poster tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024, disertai narasi berikut:

GAK ADA LAGI DEBAT CAPRES DAN CAWAPRES

cek-fakta-Debat-Capres-2.jpghttps://www.tiktok.com/@trismiati6/video/7291471815392644357

Selain di Tiktok, ditemukan narasi serupa di Reels Instagram yang diunggah akun @lendik.saja. Akun tersebut menyertakan narasi berikut:

DEBAT CAPRES DAN CAWAPRES TIDAK ADA DALAM JADWAL KPU !!

cek-fakta-Debat-Capres-3.jpghttps://www.instagram.com/reel/Cy2Dm4WyedT/

Benarkah informasi bahwa tidak ada debat capres dan cawapres pada Pemilu 2024?

Penelusuran Fakta

Hasil penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi KPU tidak menyelenggarakan debat capres-cawapres pada Pemilu 2024, keliru.

Debat capres dan cawapres merupakan salah satu bentuk kampanye yang difasilitasi oleh KPU sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan. 

Hal tersebut tercantum dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum. 

Jadi, pelaksanaan debat capres dan cawapres dilaksanakan selama waktu pelaksanaan kampanye, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh KPU.

mengutip Antaranews.com, Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, menyatakan bahwa akan tetap menggelar kampanye dengan metode debat capres dan cawapres.

“Insyaallah tetap ada kampanye dengan metode debat capres-cawapres,” kata Hasyim.

Hasyim menjelaskan debat capres-cawapres dilakukan sebanyak lima kali, sebagaimana tertuang dalam Pasal 277 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). 

Dia lalu merinci bahwa dalam lima kali debat itu, para capres akan melakukan debat sebanyak tiga kali dan cawapres dua kali.
Sumber: KPU tegaskan tetap ada debat capres-cawapres | Antara

Terkait jadwal, melansir Detik.com, Komisioner KPU RI August Mellaz menyebut debatcapres-cawapres debat akan dimulai pada Desember 2023.

Menurut penuturan Mellaz, debat akan digelar dua kali pada Desember 2023. Kemudian, untuk tiga debat lainnya akan dilakukan pada awal 2024.
Sumber: KPU: Rencananya Debat Capres Mulai Digelar Desember, di 5 Lokasi Berbeda | Detikcom

Kesimpulan

Informasi tidak ada debat capres dan cawapres pada Pemilu 2024 adalah keliru. Informasi demikian termasuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan).

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.