https://jakarta.times.co.id/
Berita

Status Gunung Raung Naik Menjadi Waspada, Warga Diminta Waspada

Rabu, 18 September 2024 - 14:53
Status Gunung Raung Naik Menjadi Waspada, Warga Diminta Waspada Ilustrasi. PVMBG hari ini menaikkan status ancaman Gunung Raung menjadi waspada. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, BANYUWANGI – Status Gunung Raung di Jawa Timur resmi dinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada) per 15 September 2024. Hal ini disampaikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Badan Geologi melalui Surat Edaran (SE) Nomor 1211.Lap/GL.03/BGV/2024 tertanggal 17 September 2024.

Gunung yang terletak di antara Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember ini menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik, yang memerlukan kewaspadaan dari masyarakat sekitar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, Sigit Purnomo, menyatakan bahwa pihaknya masih berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait situasi terkini. "Kami masih berkoordinasi, termasuk soal larangan aktivitas di radius tiga kilometer dari puncak Gunung Raung," ujar Sigit saat dihubungi.

Aktivitas Vulkanik Gunung Raung

Dalam laporan aktivitas vulkanik Gunung Raung periode 1-15 September 2024, disebutkan bahwa meskipun gunung ini terlihat jelas saat cuaca cerah, tidak teramati adanya hembusan gas dari kawah puncak. Pengamatan cuaca menunjukkan kondisi bervariasi dari cerah hingga hujan dengan angin yang bertiup ke arah utara, tenggara, dan selatan. Suhu udara di sekitar gunung berkisar antara 17 hingga 38 derajat Celcius.

Pengamatan instrumental mencatat adanya aktivitas seismik berupa 402 kali gempa hembusan, satu gempa tektonik lokal, 71 kali gempa tektonik jauh, serta 15 kali gempa tremor menerus dengan amplitudo dominan 0,5 mm. Meski tidak teramati kolom hembusan gas yang signifikan, aktivitas vulkanik diduga terjadi di sekitar permukaan kerucut dalam kawah.

Menyikapi peningkatan status ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau warga untuk tidak beraktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Raung. Langkah ini diambil sebagai upaya pencegahan potensi bahaya yang mungkin terjadi akibat aktivitas vulkanik yang sedang berlangsung.

Warga diharapkan tetap mengikuti informasi resmi dari BPBD dan PVMBG, serta tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak valid. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.