Berita

4 Kendaraan Listrik Buatan Toyota di Olimpiade Tokyo 2020

Kamis, 05 Agustus 2021 - 10:40
4 Kendaraan Listrik Buatan Toyota di Olimpiade Tokyo 2020 Robot pendukung lapangan otonom mungil dari Toyota yang mempersembahkan bola sebelum pertandingan rugbi di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Instagram Tokyo 2020)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Dari semua yang dipersiapkan panitia Olimpiade Tokyo 2020, ada beberapa hal yang menarik diantaranya transportasi yang menggunakan teknologi tenaga listrik yang lebih ramah lingkungan. Dilansir dari motor1.com, Tokyo, Jepang yang merupakan tuan rumah memiliki misi khusus terkait kendaraan listrik ini. Yaitu mencapai tingkat emisi terendah dari semua armada resmi yang digunakan dalam sejarah Olimpiade.

Untuk mencapai semua itu, Toyota Motor Corporation menjadi sponsor resmi Olimpiade Tokyo 2020 dengan menyediakan 3.700 kendaraan yang sebagian besar atau 90 persen kendaraannya menggunakan tenaga listrik.

Inilah empat jenis kendaraan listrik (termasuk hybrid) yang disediakan oleh Toyota untuk mendukung misi emisi terendah dalam event multicabang olahraga Internasional ini.

1. Toyota APM

Toyota APM

Toyota APM  (Foto: Kolase Instagram qatarautomagazine dan motor1.com)

Sebagai sponsor resmi Olimpiade Tokyo 2020, Toyota mengeluarkan sekitar 200 unit Toyota APM (Accessible People Mover) untuk mengangkut orang di sekitar venue selama Olimpiade.

Kendaraan ini dapat membawa enam penumpang, termasuk pengemudi. Toyota APM ini memiliki kecepatan maksimal sekitar 12 mil/jam (19,3 km/jam) dan didukung baterai lithium-ion, kendaraan ini mampu menempuh 62 mil (100 km) sekali isi daya.

Jadi mobil listrik yang unik ini menawarkan perjalanan jarak pendek kepada para pengunjung, atlet, hingga staf yang berpartisipasi di Olimpiade.

2. Toyota e-Palette

Toyota e Palette

Toyota e-Palette/Autonomous (Foto: Kolase Instagram qatarautomagazine dan motor1.com)

Toyota e-Palette merupakan kendaraan elektronik baterai pertama Toyota yang dikembangkan khusus untuk Autono-MaaS, kemitraan Uber dan Toyota.

Toyota e-Palette ini menggunakan sistem mengemudi otomatis dengan kontrol digital untuk memantau proses operasional umum dan kondisi kendaraan ini.

Kendaraan ini dihadirkan untuk mengantarkan para staf dan atlet ke Athlete Village (perkampungan atlet) selama Olimpiade.

3. Toyota Concept-I

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017, Toyota Concept-I ini memiliki teknologi tinggi dari Toyota serta desain eksterior dan interior yang futuristik.

Selain itu Toyota Concept-I ini menghadirkan robot interaktif Yui dan Al yang bertugas memenuhi kebutuhan pengemudi. Mereka dapat memberitahu berbagai hal yang harus dilakukan berdasarkan tindakan pengemudi.

Selain itu, sensor biometrik di dalam mobil dapat merasakan apa yang dirasakan pengemudi.

Tujuan Toyota menyertakan robot ini adalah untuk meningkatkan hubungan antara manusia dan teknologi.

Kendaraan ini digunakan sebagai kendaraan operasional saat torch relay (estafet obor) Olimpiade dan menjadi lead vehicle pada cabang maraton.

4. Toyota Mirai

Kata 'Mirai' berarti 'masa depan'. Artinya kendaraan ini merupakan kendaraan masa depan, pasalnya Toyota Mirai ini sama sekali tidak mengeluarkan CO2 berkat penggunaan teknologi sel bahan bakar hidrogen hybrid.

Mobil dengan harga 58.500 dolar AS ini memberikan kesenangan saat mengemudi, stabilitas berkendara, gravitasi, kenyamanan, dan akselerasinya.

Sebagai produsen kendaraan terbesar di Jepang, sebanyak 500 unit Toyota Mirai disediakan untuk transportasi para staf dan partisipan Olimpiade di sekitar tempat resmi Olimpiade Tokyo 2020.

Itulah ke empat jenis kendaraan listrik yang disediakan oleh Toyota Motor Corporation untuk mendukung Olimpiade Tokyo 2020 yang ramah lingkungan dengan emisi terendah sepanjang sejarah Olimpiade. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.