https://jakarta.times.co.id/
Berita

Festival Budaya Indonesia 2024 di China Banjir Pujian

Senin, 01 Juli 2024 - 14:26
Festival Budaya Indonesia 2024 di China Banjir Pujian Salah satu penampil dalam Festival Budaya Indonesia (FBI) tahun 2024 di Jimei University, Kota Xiamen. (FOTO A: PPIT Xiamen for TIMES Indonesia)

TIMES JAKARTA, JAKARTAFestival Budaya Indonesia (FBI) tahun 2024 telah diselenggarakan dengan lancar pada hari Sabtu (22/6/2024) di Jimei University, Kota Xiamen, berlangsung sukses, meriah dan banjir pujian.

Acara FBI dilaksanakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok Cabang Xiamen (PPIT Xiamen) dengan dukungan restoran "Bandung" di Xiamen dan PT Chindo Business Center, serta sponsor dari perusahaan.

Pelaksanaan acara tahun ini membawa tema “The Memory of Dvipantara” dengan harapan untuk mengenalkan budaya dari beragam kepulauan Indonesia kepada masyarakat Tiongkok, juga sebagai kesempatan menampilkan bakat dan kreativitas mahasiswa/i asal Indonesia. 

Festival-Budaya-Indonesia-b.jpgFoto bersama menjadi salah satu kewajiban yang dilakukan Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok Cabang Xiamen (PPIT Xiamen) bersama peserta Festival Budaya Indonesia. (FOTO B: PPIT Xiamen for TIMES Indonesia)

Hari itu juga hadir tamu-tamu penting untuk menikmati penampilan acara, antara lain Ketua dan Wakil Ketua Asosiasi Para Perantauan Chinese-Indonesia di Xiamen (Guiqiao), Ny Chen Xiaolu, Cai Weilin, Hu Qiushen dan Ny Chen Xuefen, guru-guru pengajar dari Jimei University, serta Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok Ranting Fuzhou (PPIT Ranting Fuzhou), Julian Chandra.

Acara diisi dengan penampilan yang penuh ciri khas budaya tradisional Indonesia seperti Tari Tradisional Saman, Lagu Indonesia Pusaka, Tari Kembang Kipas dari PERMISI Xiamen,  Fashion Show Pakaian Adat dari para mahasiswi Indonesia, juga ada penampilan modern dance MISS D oleh PERMISI Xiamen yang sangat memukau, yang bertemakan perjuangan tentara Indonesia. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan instrumen Angklung dan tarian tradisional Tiongkok.

Penampilan-penampilan yang dibawakan sangatlah beragam dan indah, sehingga memikat perhatian para penonton untuk terus bertepuk tangan dan sorakan gembira.

Diakhir acara seluruh peserta dan panitia acara membawakan tarian flashmob yang penuh semangat sebagai tanda rangkaian acara telah selesai, tapi penonton masih belum beranjak pergi sampai akhirnya  pembawa acara, Lin Chuhan dan Gabriella Chenthesa, mengumumkan acara telah selesai. 

"Aku mau mengucapkan terima kasih buat para penampil dan penonton yang sudah hadir dan ikut meramaikan acara Festival Budaya Indonesia ini. Jujur sangat lega, acara ini bisa berjalan dengan lancar. Meskipun ada sedikit hambatan, tapi overall keren banget!" ujar Ketua Pelaksana Festival Budaya Indonesia Xiamen 2024 Agustinus.

Beberapa komentar positif dari para pnonton kemudian bermunculan setelah acara itu selesai.

"Karena banyak teman-teman yang tidak pulang setahun ini, dengan melihat mereka perform itu, rasanya seperti pulang kampung," kata Prissilia, mahasiswa Xiamen University. 

Dicky, seorang mahasiswa Xiamen University of Technology juga mengatakan sangat menarik dan sangat membanggakan, terutama karena membawa nama Indonesia. "Pokoknya penampilannya seru banget deh," kata dia.

"Buat teman-teman yang tahun ini tidak bisa nonton FBI, tahun depan harus melihat. Karena kesempatan tidak datang dua kali,"  tambah Nathan, mahasiswa Huaqiao University.

Ajakan Nathan sangat beralasan karena Festival Budaya Indonesia (FBI) tahun 2024 yang telah diselenggarakan hari Sabtu (22/6/2024) di Jimei University, Kota Xiamen, sukses, meriah dan banjir pujian. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.