Gaya Hidup

Menghilangkan Tatoo Tanpa Bekas di Kulit, Apa Bisa?

Sabtu, 02 Desember 2023 - 03:25
Menghilangkan Tatoo Tanpa Bekas di Kulit, Apa Bisa? ilustrasi Menghilangkan Tatoo Tanpa Bekas. (foto: alodokter)

TIMES JAKARTA, MALANGMenghilangkan tatoo secara permanen tanpa meninggalkan bekas merupakan proses yang membutuhkan perhatian khusus.

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghilangkan tatoo. Pilihannya tergantung pada sejumlah faktor, termasuk ukuran, warna, dan kedalaman tatoo, serta tipe kulit individu.

Berikut adalah beberapa metode yang umum digunakan untuk menghilangkan tatoo:

  1. Laser Tattoo Removal. Proses ini melibatkan penggunaan laser untuk memecah pigmen tinta tatoo di dalam kulit. Kelebihan laser untuk menghilangkan tatoo ini adalah tingkat presisinya tinggi yang  dan memberikan hasil yang lebih baik daripada metode lain. Beberapa sesi mungkin diperlukan untuk menghapus tatoo dari kulit Anda tergantung pada ukuran dan kompleksitas tatoo.

  2. Mengangkat tatoo lewat teknik Dermabrasi. Metode ini adalah proses penghilangan lapisan atas kulit yang mengandung tatoo dengan menggunakan alat penggosok atau laser. Metode ini sangat efektif untuk menghilangkan tatoo yang relatif dangkal di kulit. Perlu dicatat, kebanyakan proses ini dapat meninggalkan bekas luka atau perubahan warna pada kulit.

  3. Metode Ekstraksi. Cara kerja metode ini sebenarnya adalah teknik bedah untuk mengangkat tatoo dari dalam kulit. Biasanya, orang  memilih metode ini untuk menghilangkan tatoo yang bentuknya relatif kecil. Mirip dengn metode Dermabrasi, cara ini bisanya juga meninggalkan bekas luka dan memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama.

  4. Krim penghilang tatoo. Penggunaan krim khusus yang dirancang untuk menghancurkan pigmen tinta di dalam kulit juga jadi pilihan banyak orang. Kelebihan penggunaan krim ini adalah sifatnya yang tidak harus melakukan perusakan kulit secara invasif. Karena sifatnya yang tidak invasif, efektivitas penggunaan krim sangat bervariasi dan dapat memerlukan penggunaan yang teratur selama beberapa bulan.

  5. Menghilangkan tatoo dengan asam. Penggunaan asam dapat menghancurkan pigmen tinta tatoo di kulit. Kalau Anda memilih menggunakan cara ini, sebaiknya Anda minta dokter atau ahli kulit untuk melakukannya. Risiko penggunaan asam adalah infeksi yang timbul dan bekas luka.

Penting untuk diingat bahwa proses menghilangan tatoo biasanya membutuhkan beberapa sesi, tergantung pada faktor-faktor seperti warna tinta, kedalaman tatoo, dan tipe kulit.

Konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit untuk menentukan metode terbaik sesuai dengan kondisi kulit dan karakteristik tatoo Anda.

Selalu perhatikan petunjuk perawatan pasca-prosedur untuk meminimalkan risiko bekas luka atau perubahan pigmen pada kulit usai menghilangkan tatoo di kulit Anda.(*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.