Gaya Hidup

5 Makanan Penghambat Diare, Apa Saja?

Sabtu, 31 Juli 2021 - 02:19
5 Makanan Penghambat Diare, Apa Saja? Pasta. (Foto: Unsplash)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Banyak orang merasa tidak nyaman saat mengalami diare. Diare umumnya meninggalkan rasa sakit dibeberapa bagian terutama perut dan anus. Tiap kali perut berbunyi, seperti ada alarm pribadi yang menganjurkan anda untuk segera pergi ke kamar mandi saat diare. 

Diare dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti virus, keracunan makanan, makan atau minum terlalu banyak, atau alergi makanan. Namun, ada beberapa makanan yang setidaknya bisa membantu meringankan rasa sakit perut anda saat diare.   Berikut adalah beberapa makanan yang dapat dengan mudah ditemukan di dapur anda.

Pasta/Mie

mie.jpgMie. (Foto: Unsplash)

Mengkonsumsi pasta atau mie akan menjadi pilihan lain yang baik untuk memanjakan perut anda yang sakit. Rasanya yang hambar dan berserat akan membuat perut anda tenang sedikit dan menurangi rasa sakit saat diare.

Nasi

nasi.jpgNasi. (Foto: Unsplash)

Ketika anda mengalami diare, mengkonsumsi nasi dapat mengurangi volume seringnya anda ke kamar mandi. Rasanya yang hambar dan teksturnya yang berserat dapat mencegah diare anda lebih parah. Cukup makan nasi lawar atau nasi tanpa lauk 2-3 sendok untuk mendapatkan manfaatnya.

 Roti Tawar/Roti Sisir

roti.jpgRoti tawar. (Foto: Unsplash)

Sama seperti nasi, roti tawr atau roti sisir juga bisa mengurangi diare. Cobalah makan rotinya saja. Akan sedikit hambar tapi ini bisa membantu mengurangi sakit perut yanga nada alami. Jangan menambahkan selai atau selai kacang diatasnya karena bisa mengakibatkan diare anda lebih parah.

Kentang

kentang.jpgKentang. (Foto: Unsplash)

Kentang merupakan sumber serat yang baik selain nasi dan roti. Kentang juga bisa menghambat diare karena serat yang dikandung didalamnya. Anda dapat mengkonsumsi kentang dengan atau tanpa makanan pendamping lainnya. Tapi pastikan tidak menambhakan cabe didalamnya.

Teh Pahit

teh.jpgTeh. (Foto: Unsplash)

Secangkir teh panas pahit bisa membantu meringankan rasa sakit di perut anda. Teh pahit juga digadang-gadang dapat menghilangkan rasa sakit akibat kram perut, gangguan pencernaan, dan asam lambung. Anda bisa meminumnya di pagi hari dan sebelum tidur.

Jangan menambahkan cabai pada beberapa makanan diatas dan hindari mengonsumsi makanan pedas saat anda mengalami diare. Pastikan anda minum lebih banyak air agar terhindar dari dehidrasi. Dan kunjungi dokter bila diare diare anda tak kunjung reda.(*)

Pewarta :
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.