https://jakarta.times.co.id/
Kopi TIMES

Mengkaji Kembali Peran Guru

Sabtu, 25 Mei 2024 - 22:31
Mengkaji Kembali Peran Guru Hery Setyawan, M.Pd., Guru di SMPN 42 Jakarta dan Guru Penggerak Angkatan 8 Jakarta Utara

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Ramainya pemberitaan tentang guru di media sosial terkait kecelakaan mobil yang dilakukan ketika kegiatan study tour salah satu sekolah swasta di depok. Akibat kejadian tersebut banyak yang menyalahkan guru. Walaupun ketika berbicara kecelakaan tersebut tidak sepenuhnya kesalahan guru. Hal tersebut sangat melukai hati seorang guru. Apa yang sudah diperbuat oleh guru dalam mendidik dan membimbing siswa di sekolah seolah tidak bernilai di mata masyarakat.

Seperti yang kita ketahui saat ini guru merupakan profesi yang tidak pernah akan  habis untuk dibahas, berbagai kegiatan yang guru lakukan baik itu yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran maupun kegiatan yang dilakukan diluar kelas. Sehingga apapun yang dilakukan oleh guru benar-benar menjadi perhatian serius bagi masyarakatnya. Hal itu terjadi karena saat ini pemerintah sudah mulai memperhatikan kesejahteraan guru, serta beberapa program yang langsung bersentuhan dengan guru seperti pendidikan guru penggerak, pendidikan profesi guru dan masih banyak lagi.

Tentunya guru selalu dituntut untuk berlaku profesional seakan guru tidak boleh salah dalam proses mendidik siswa. Sebagai seorang guru penulis berkewajiban untuk memberikan informasi yang seimbang terkait apa yang dilakukan guru baik disekolah maupun diluar sekolah. Hal tersebut penting dilakukan agar penilaian negative terhadap guru selama ini bisa berkurang. Beberapa peran yang dilakukan oleh guru diantaranya:

Guru harus menguasai materi pelajaran secara mendalam, hal ini sangat penting dilakukan oleh guru karena tugas utama seorang guru yaitu mengajar dan mendidik siswa. Penguasaan materi ini meliputi pengetahuan yang luas tentang materi yang diajarkan, tidak hanya teori belaka tetapi guru juga harus bisa memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi yang diajarkan. Penguasaan materi ini sangat penting dilakukan terlepas kurikulum yang digunakan saat ini.

Selanjutnya guru juga harus memiliki kemampuan mengajar yang efektif. Dimana seorang guru harus mampu menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang menarik, kreatif dan interaktif. Dan yang tidak kalah pentingnya yaitu guru harus menggunakan metode dan teknik mengajar yang sesuai dengan karakteristik materi pelajaran dan siswa. Hal tersebut dilakukan agar terciptanya suasana belajar yang kondusif sehingga siswa termotivasi untuk terus belajar.

Selain kemampuan diatas guru juga dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menilai dan mengevaluasi materi pembelajaran. Dimana guru mampu membuat dan melaksanakan penilaian yang objektif dan komprehensif. Selain itu juga penilaian yang dilakukan harus berkala dan berkelanjutan agar mengetahui perkembangan siswa untuk bimbingan yang tepat. Kemampuan dalam menilai ini tentunya harus diiringi dengan memberikan umpan balik yang membangun.

Kemudian selain kemampuan dalam memberikan pembelajaran terhadap siswa guru juga dituntut untuk memiliki kepribadian yang baik. Dimana sebagai guru akan menjadi contoh dan teladan bagi siswanya di sekolah. Sabar terhadap apa yang dilakukan oleh siswa sehingga guru mampu memahami berbagai karakter siswa. Dan pastinya akan menjadi seorang pemimpin pembelajaran didalam kelas yang selalu memotivasi siswa.

Dan terakhir guru juga dituntut untuk komitmen untuk terus belajar dan berkembang. Guru yang baik adalah guru yang senantiasa belajar karena perkembangan teknologi mengharuskan guru untuk mau membuka diri terhadap ilmu pengetahuan yang ada saat ini. Terus belajar dan melakukan kegiatan pengembangan diri yang dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan pembelajaran.

Menjadi guru untuk saat ini tidak lah mudah berbagai tuntutan yang harus dilakukan. Karena kita tahu guru merupakan profesi yang sangat mulia dimana sangat membutuhkan dedikasi dan kompetensi tinggi. Sedih rasanya apabila saat ini banyak dari masyarakat yang selalu menyalahkan guru seolah apa yang telah dilakukan oleh guru tidak ada artinya. Mari kita bersama-sama merenung dan melihat kembali peran penting guru terhadap kemajuan siswa di sekolahnya.

Terakhir penulis menutup tulisan ini dengan ungkapan dari bapak pendidikan Indonesia Ki hajar dewantara yaitu "Guru merupakan seorang pejuang tulus dan Ikhlas tanpa tanda jasa yang mencerdaskan bangsa". Itu artinya seorang guru memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan suatu bangsa.
 
***

*) Oleh : Hery Setyawan, M.Pd., Guru di SMPN 42 Jakarta dan Guru Penggerak Angkatan 8 Jakarta Utara.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim.

Pewarta : Hainorrahman
Editor : Hainorrahman
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.