https://jakarta.times.co.id/
Olahraga

China vs Timnas Indonesia: Garuda Berburu Kemenangan Perdana

Senin, 14 Oktober 2024 - 09:21
China vs Timnas Indonesia: Garuda Berburu Kemenangan Perdana Thom Haye (kanan) dkk berharap bisa meraih kemenangan perdana saat menghadapi China di laga keempat kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (15/10/2024) besok. (foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Duel China vs Indonesia, Selasa (15/10/2024) malam akan menjadi duel penting bagi kedua tim. China dan Timnas Indonesia saat ini berada di dasar klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 dari tiga laga, dan hanya kemenangan yang bisa menjaga peluang keduanya.

Tuan rumah, China, masih terpuruk di dasar klasemen setelah menelan tiga kekalahan dari tiga pertandingan. Sementara itu, Indonesia berada di peringkat kelima dengan tiga hasil imbang dari tiga laga yang sudah mereka jalani.

China berhasil lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia FIFA zona Asia dengan susah payah. Mereka finis di posisi kedua grup pada babak sebelumnya dengan mengantongi sembilan poin, sama dengan Thailand. Namun, China unggul secara head-to-head setelah menang satu kali dan bermain imbang di pertandingan lainnya.

Meski lolos ke babak ketiga, langkah China di Grup C tidak berjalan mulus. Mereka dihancurkan 7-0 oleh Jepang pada laga pembuka grup. Setelah itu, tim asuhan Branko Ivankovic kembali menelan kekalahan, kali ini 2-1 dari Arab Saudi dan 3-1 dari Australia. Hasil ini membuat China masih belum mengoleksi poin dan terpuruk di dasar klasemen.

Pertandingan melawan Indonesia bisa menjadi kesempatan bagi China untuk meraih poin pertama mereka, mengingat tim tamu hanya berada satu peringkat di atas mereka dalam klasemen.

Sementara itu, di bawah komando Shin Tae-yong sejak 2020, Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak ketiga dengan cukup meyakinkan. Mereka finis sebagai runner-up di babak kedua dengan mengantongi 10 poin, empat poin lebih banyak dari Vietnam yang berada di peringkat ketiga.

Di babak ketiga, Indonesia tampil solid dengan belum terkalahkan dalam tiga laga, meski semuanya berakhir dengan hasil imbang melawan Arab Saudi, Australia, dan Bahrain. Sayangnya, hasil imbang melawan Bahrain terasa pahit, karena Indonesia kebobolan di menit ke-99.

Shin Tae-yong tentu berharap timnya bisa melanjutkan tren positif ini saat menghadapi China yang belum meraih poin. Indonesia akan berusaha mendekati dua peringkat teratas guna menjaga peluang lolos ke Piala Dunia 2026.

Bek China, Lei Li, diragukan tampil setelah mengalami cedera saat kalah 3-1 dari Australia. Yang Liu kemungkinan akan menggantikan posisinya. Wenneng Xie, yang mencetak gol pertama China di grup ini, kemungkinan akan kembali mengisi lini depan.

Di pihak Indonesia, Shin Tae-yong diperkirakan akan menurunkan susunan pemain yang serupa dengan yang hampir meraih kemenangan melawan Bahrain. Rafael Struick dan Ragnar Oratmangoen, yang mencetak gol dalam laga tersebut, kemungkinan besar akan kembali mengisi lini serang.

Prediksi Susunan Pemain

China (4-4-2):
Wang; Hu, Browning, Jiang, H Li; Xie, Wang, Y Li, Wei; Fernandinho, Zhang

Indonesia (4-5-1):
Paes; Walsh, Hilgers, Amat, Idzes, Verdonk; Risaldi, Jenner, Haye, Oratmangoen; Struick.

Pertandingan China vs Timnas Indonesia digelar di  Stadion Qingdao, Selasa (15/10/2024). Pendukung Timnas Indonesia bisa melihat pertandingan kualfikasi Piala Dunia 2026 melalui siaran langsung RCTI dan GTV serta live streaming Vision+. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.