https://jakarta.times.co.id/
Pendidikan

Kemendikbud RI Kucurkan Rp 7,2 Triliun untuk Kuota Internet Belajar Daring

Kamis, 27 Agustus 2020 - 14:51
Kemendikbud RI Kucurkan Rp 7,2 Triliun untuk Kuota Internet Belajar Daring Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. (FOTO: IDTODAY.CO)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Kementrian dan Kebudayaan RI (Kemendikbud RI) bakal menggunakan anggaran sebesar Rp 7,2 Triliun untuk membelikan kuota internet bagi siswa, guru dan dosen. Pembelian itu diperuntukkan selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar daring di tengah pandemi.

Selain itu, juga ada anggaran untuk tunjangan profesi pengajar yakni sebesar Rp1,7 triliun. Sehingga total Kemendikbud RI bakal mengucurkan dana hampir Rp 9 Triliun.

"Kami sudah mendapat persetujuan anggaran Rp 9 Triliun untuk tahun ini yang akan kami kerahkan untuk pulsa kuota data siswa, guru, mahasiswa dan dosen," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim saat rapat bersama Komisi X di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/8/2020)

Nantinya, untuk periode waktu September-Desember 2020, bantuan kuota internet dialokasikan sebanyak Rp 7,2 Triliun. Dengan hal ini, lanjut dia, siswa bakal menerima bantuan kuota sebesar 35 gigabyte per bulan. Guru sebanyak 42 gigabyte per bulan. Sedangkan mahasiswa dan dosen sebanyak 50 gigabyte per bulan.

"Kecemasan masyarakat nomor satu di saat ini dari semua kecemasan sudah jelas nomor satu itu apa? Pulsa, pulsa, pulsa," tambahnya.

Nah, dari hal tersebut, Nadiem meminta anggaran khusus untuk bantuan PJJ karena mendengar banyaknya keluhan pembiayaan kuota internet tersebut.

Oleh karenanya, Kemendikbud RI akan mengusahakan bantuan itu segera tercapai. Agar para siswa dan guru maupun dosen dapat melakukan belajar daring dengan baik tanpa harus galau memikirkan kuota internet. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.