Berita

Layanan Jaringan First Media Kembali Pulih

Kamis, 08 April 2021 - 15:07
538
Layanan Jaringan First Media Kembali Pulih Peta kabel telekomunikasi bawah laut di Indonesia. (Doc: Submarine Cable Map)

TIMESINDONESIA, JAKARTAFirst Media menyatakan telah berhasil mengatasi masalah akibat putusnya Sistem Komunikasi Kabel Laut Jakarta-Bangka-Batam-Singapura (SKKL B2JS) dan Jakarta-Kalimantan-Batam-Singapura (SKKL Jakabare). Link Net sebagai pemilik merek First Media telah menyebutkan bahwa layanan internet First Media kini sudah kembali pulih.

"Kini seluruh pelanggan kami, baik segmen residential dan enterprise sudah dapat menikmati layanan internet kami dengan normal kembali," tutur Chief of Technology & Product Officer Link Net, Edward Sanusi dalam keterangan resmi, Kamis (8/4/2021).

Pihak Link Net juga menambahkan telah menambah kapasitas bandwidth darurat sebesar 200Gbps, untuk mengatasi masalah internet akibat gangguan SKKL B2JS dan SKKL Jakabare. 

Sebagai informasi, gangguan yang terjadi pada SKKL B2JS dan Jakabare memang berdampak pada layanan ISP (Internet Service Provider) pengguna SKKL tersebut, termasuk salah satunya Link Net. Akibat masalah itu ada penurunan kecepatan internet yang dialami pelanggan First Media.

Link Net sendiri menggunakan tiga sistem kabel bawah laut ke Singapura, yakni SKKL Jakabare milik PT Indosat, SKKL B2JS yang dioperasikan PT Ketrosden Triasmitra, dan satu backup dari SKKL lain.

Penggunaan tiga SKKL ini merupakan bagian Business Contingency Plan Link Net agar dapat memberikan layanan internet optimal dan berkualitas bagi pelanggan, baik segmen residential maupun enterprise.

Respons Link Net untuk mengatasi gangguan yang dialami pelanggan First Media ini turut diapresiasi pakar krisis manajemen Dr. Firsan Nova. Dia mengatakan Link Net mampu mengatasi krisis dalam waktu kurang dari 24 jam, sehingga tetap menjaga kepercayaan pelanggan dan stakeholder.(*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.