https://jakarta.times.co.id/
Berita

Menag RI: Santri Sebagai Manusia yang Berkarakter Akan Menang di Masa Depan

Rabu, 20 Oktober 2021 - 19:26
Menag RI: Santri Sebagai Manusia yang Berkarakter Akan Menang di Masa Depan Menag RI saat menjadi pembicara pada Webinar Internasional dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021. (FOTO: Dok. Kemenag/A. Furqon)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) Yaqut Cholil Qoumas menjadi pembicara pada Webinar Internasional dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021. Acara ini digelar RMI-PBNU dengan tema Santri Membangun Negeri: Sudut Pandang Politik, Ekonomi, Budaya, dan Revolusi Teknologi.

Dalam acara yang dihadiri santri baik dari dalam dan luar negeri, Menag RI menyampaikan bahwa masa depan akan dimenangkan oleh para santri hari ini. Hal ini sangat dimungkinkan dengan sistem pendidikan yang diterapkan oleh pesantren. 

“Mengapa? karena ketika santri masuk ke dalam pesantren, berinteraksi dengan santri dan para kiai, disitulah nilai pendidikannya,“ ujar Menag di Jakarta, Rabu (20/10/2021).

Yaqut-Cholil-Qoumas-3.jpgMenag mengatakan, bangsa dan negara ini harus memberikan perhatian dan penghargaan lebih kepada pesantren dan para santri. (FOTO: Dok. Kemenag/A. Furqon) 

Menag mengatakan, pendidikan dapat dilihat dan dirasakan secara langsung melalui tata krama yang dicontohkan langsung dari para kiainya. Tata krama dan adab akan membentuk karakter.

“Manusia yang akan menang itu adalah manusia yang memiliki karakter,“ kata Menag.

Di masa mendatang, lanjut Menag, santri akan semakin banyak berkiprah membangun dan berdayaguna membangun bangsa Indonesia melalui berbagai peran, seperti: menjadi presiden, wakil presiden, menteri, dan komisarris BUMN. 

“Dan itu bukan lamunan dan imajinasi saja,“ ungkap Menag. 

Tugas kita sekarang, menurut Menag, adalah mempersiapkan para santri itu semua. Kementerian Agama (Kemenag) dengan tangan terbuka siap bekerja sama dengan seluruh pihak untuk agenda besar ini. 

Menag menjelaskan, jasa masyarakat pesantren dan para santri untuk memerdekakan bangsa Indonesia sangat besar.

“Oleh karenanya, bangsa dan negara ini harus memberikan perhatian dan penghargaan lebih kepada pesantren dan para santri. Walaupun mereka sama sekali tidak pernah memintanya,“ tandas Menag RI Yaqut Cholil Qoumas. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.