https://jakarta.times.co.id/
Berita

Pesona Empat Wisata Memukau Sumba Timur hingga Dijadikan Lokasi Syuting Film

Rabu, 25 September 2024 - 03:54
Pesona Empat Wisata Memukau Sumba Timur hingga Dijadikan Lokasi Syuting Film Objek wisata Sumba Timur dengan keindahan alamnya. (FOTO: Budaya Sumba)

TIMES JAKARTA, SUMBA TIMUR – Kabupaten Sumba Timur menjadi favorit para wisatawan atau pelancong. Dibalik keindahan alamnya ada empat pesona obyek wisata hingga dijadikan lokasi pembuatan flm.

Menurut pelaku wisata Sumba, Ardiansyah, Selasa (24/9/2024), pesona keindahan alam di Sumba Timur menjadi alasan mengapa banyak pengunjung maupun wisatawan yang mengunjungi Sumba Timur.

“Ada beberapa obyek wisata di Sumba Timur ini dengan keindahan alamnya hingga dijadikan tempat lokasi pembuatan flm,” katanya.

Empat pesona obyek wisata itu yang dijadikan tempat pembuatan flm itu yakni,  

1. Bukit Tanarara

Bukit ini memilki jalan terindah yang menawarkan pesona pemandangan savanna yang luas dan topografi batuan bukit yang unik. Salah satu hal yang menarik dari bukit Tanarara ini adalah warna tumbuh-tumbuhan di sekitarnya yang akan berubah sesuai keadaan musim.

“Bukit ini memiliki makna tanah yang merah atau tanah liat di sekitar bukit. Pesona dari bukit Tanarara terletak ada spot jalan setapak yang berbelok-belok menuju bukit,” tutur Ardiansyah.

2. Kampung Umabara

Kampung Umabara terletak di Desa Watuhadang, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur dengan memiliki kekayaan budaya yang terus dijaga kelestariannya karena kampung ini memiliki keunikan tersendiri. Di Kampung Umbara ini terdapat kuburan-kuburan megalitikum yang letaknya di tengah-tengah kampung.

“Kuburan ini merupakan kuburan para bangsawan yang telah berjuang menjaga kerukunan dalam sistem kekerabatan,” sebut Ardiansyah.

3. Pantai Watuparunu

Pantai Watuparunu berada di Desa Laijanji, Kecamatan Wulla Wejelu, Kabupaten Sumba Timur. Pantai ini dengan hamparan pasir putihnya di sepanjang bibir pantai serta ombaknya yang beriak.

Pantai ini juga memilki tebing putih yang berada di ujung timur menjadi salah satu khas Pantai Watuparunu. Tebing itu berbentuk dari susunan beberapa jenis bebatuan.

Bentuk tebing yang meliuk-liuk terbentuk karena proses alam, ibarat sebuah lukisan namun yang paling indah ketika air laut di pantai sedang surut. Tebing batu dapat dicapai dengan melewati batu berlubang yang berukuran cukup besar.

“Ini sangat indah dan mempesona karena Watuparunu ada kaitannya dengan fenomena alam batu berlubang yang menjadi kekhasan lain dari pantai ini,” kata  Ardiansyah.

4. Hutan Cemara Laipori

Hutan cemara Laipori terletak di Desa Palakahembi, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur. Hutan Cemara ini pernah dijadikan wisata ala film Pendekar Tongkat Emas.

Di tengah hutan cemara ini terdapat telaga air bening seolah siap menjamu pengunjung karena rerimbunan pohon cemara yang berdiri tegak turut menghiasi kawasan hutan.

“Di dalam hutan cemara  itu pengunjung bebas memotret dengan aneka latar yang berbeda. Pengunjung pun yang ingin berfoto tidak usah memilih angle yang bagus karena latarnya pasti selalu indah dan mempesona,” ungkap Ardiansyah. (*)

Pewarta : Moh Habibudin
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.