https://jakarta.times.co.id/
Ekonomi

Jelang Pemerintahan Baru, Menteri PUPR RI Jajaki Kerjasama Pembiayaan Infrastrutur dengan AAIB

Selasa, 24 September 2024 - 16:37
Jelang Pemerintahan Baru, Menteri PUPR RI Jajaki Kerjasama Pembiayaan Infrastrutur dengan AAIB Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat sesi foto bersama usai melakukan pertemuan bilateral dengan perwakilan Bank Investasi Infrastruktur Asia atau Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB), Senin (23/9/2024). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kement

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Di sela-sela kunjungan kerja menghadiri pertemuan The 3rd Asia International Water Week (AIWW) di Beijing - China (22 sd 24 September 2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan bilateral dengan perwakilan Bank Investasi Infrastruktur Asia atau Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB), Senin (23/9/2024). 

Pertemuan ini membahas mengenai peluang kerja sama antara Kementerian PUPR RI dengan AIBB terkait dukungan skema Public Private Partnership (PPP) atau Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur sumber daya air, jalan dan jembatan, permukiman, dan perumahan. Terutama untuk mendukung program utana Pemerintahan baru yang segera akan bekerja.

Menteri PUPR RI berharap AIIB sebagai salah satu mitra pembangunan internasional yang terlibat dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur PUPR terus menjalin kerjasama dengan Pemerintah Indonesia dalam mempercepat program pembangunan infrastruktur pada pemerintah baru untuk 5 tahun ke depan. 

“Kami telah mengidentifikasi beberapa proyek infrastruktur yang bisa kita diskusikan dan dalami sebagai peluang kerja sama antara AIIB dan Kementerian PUPR untuk periode pemerintahan berikutnya,” kata Menteri Basuki. 

Kemampuan pendanaan Pemerintah yang terbatas dalam pembangunan infrastruktur menjadi dasar untuk mengupayakan terobosan dalam pembiayaan infrastruktur melalui investasi dari berbagai pihak, termasuk AIIB. Beberapa proyek pembangunan infrastruktur telah berjalan dengan support AIIB, diantaranya Modernisasi Irigasi Strategis dan Rehabilitasi Mendesak (SIMURP) dengan nilai USD250 juta yang bermanfaat untuk meningkatkan layanan irigasi melalui kegiatan rehabilitasi, revitalisasi dan modernisasi sumber daya air dan sistem irigasi serta penguatan kelembagaan dan peningkatan manajemen operasional dan pemeliharaan.

Kementerian PUPR RI juga mengusulkan dukungan pembangunan infrastruktur bidang konektivitas dengan melanjutkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Jambi – Rengat, pembangunan jembatan bentang panjang Batam – Bintan. Selain itu di bidang sanitasi berupa pengelolaan sampah padat untuk pembangunan perkotaan berkelanjutan. Serta program pembangunan 3 juta rumah yang dikombinasikan dengan penyediaan infrastruktur kawasan permukiman.

Turut mendampingi Menteri PUPR RI, Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Perekayasa Ahli Utama, Balai Hidrolika dan Geoteknik Keairan, Ditjen Sumber Daya Air Arie Setiadi Moerwanto, Staf Khusus Menteri PUPR RI Bidang Manajemen Sumber Daya Air Firdaus Ali, Direktur Irigasi dan Rawa, Ditjen SDA Ismail Widadi. (*)

 

Pewarta : Faizal R Arief
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.