https://jakarta.times.co.id/
Berita

Istana Jelaskan Alasan Mayor Teddy Tidak Ikut Dilantik sebagai Seskab

Senin, 21 Oktober 2024 - 13:25
Istana Jelaskan Alasan Mayor Teddy Tidak Ikut Dilantik sebagai Seskab Mayor Teddy Indra Wijaya (kedua kanan) memberikan hormat kepada Presiden Prabowo Subianto saat pengumuman jajaran menteri Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2024). (FOTO: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/app/Spt/pri)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi, menjelaskan mengapa Mayor Teddy Indra Wijaya belum dilantik sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab) pada Senin (21/10/2024), saat pelantikan jajaran menteri Kabinet Merah Putih berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Menurut Hasan, jabatan Seskab akan berada di bawah Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) di pemerintahan Presiden Prabowo-Gibran.

"Kemungkinan besar posisi Seskab berada di bawah Kemensetneg," ujar Hasan usai dilantik sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan.

Saat ditanya apakah posisi Seskab selevel dengan jabatan menteri dalam kabinet ini, Hasan menegaskan bahwa tugas Seskab adalah mendukung pengambilan kebijakan presiden, sehingga berada dalam lingkup Kemensetneg, bukan setingkat dengan menteri.

Mayor Teddy Indra Wijaya, seorang perwira menengah TNI AD, sebelumnya sempat disebut oleh Presiden Prabowo akan masuk dalam jajaran Kabinet Merah Putih pada Minggu (20/10/2024) malam.

Ketika ditanyakan apakah Mayor Teddy bisa menjabat sebagai Seskab tanpa harus pensiun dari TNI, Hasan menyatakan perlu mendalami lebih lanjut situasi tersebut.

"Saya belum dalami. Mungkin besok bisa saya jawab setelah mendapat arahan dari Presiden," ujarnya.

Dalam pelantikan yang digelar pukul 10.00 WIB, Prabowo melantik 48 menteri dan lima kepala lembaga, termasuk Jaksa Agung, Kepala BIN, Kepala Staf Kepresidenan, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, serta Ketua Dewan Ekonomi Nasional. Namun, Mayor Teddy belum dilantik sebagai Seskab.

Nama Mayor Teddy sudah diumumkan sebagai calon Seskab pada Minggu malam, namun posisinya tidak ikut dilantik pada hari ini.

Di sisi lain, Luhut Binsar Pandjaitan kini menduduki jabatan Ketua Dewan Ekonomi Nasional, meski sebelumnya tidak disebut dalam pengumuman kabinet.

Nama Mayor Teddy sudah diumumkan Prabowo sebagai Sekretaris Kabinet pada Minggu (20/10/2024) malam. Sementara, Dewan Ekonomi Nasional yang semula tidak disebut Prabowo dalam pengumuman kemarin malam, kini ditempati oleh Luhut Binsar Pandjaitan.

Saat pelantikan berlangsung, Mayor Teddy terlihat hadir dan berdiri di belakang Prabowo, namun tanpa dilantik sebagai bagian dari Kabinet Merah Putih. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.