https://jakarta.times.co.id/
Berita

Truk Tangki Berisi Bahan Bakar Terguling dan Meledak di Nigeria, 147 Orang Meninggal

Kamis, 17 Oktober 2024 - 07:32
Truk Tangki Berisi Bahan Bakar Terguling dan Meledak di Nigeria, 147 Orang Meninggal Truk tangki bahan bakar yang terbalik di jalan utama di Nigeria barat daya, Rabu (16/10/2024) pagi. (FOTO: BBC)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Truk tangki berisi bahan bakar terbalik, Selasa (15/10/2024) malam pukul 23:30 waktu setempat (22:30 GMT) di negara bagian Jigawa, Nigeria utara.

Insiden ini terjadi karena pengemudi kehilangan kendali, menyebabkan bensin tumpah dan kemudian meledak. Akibatnya, 147 orang tewas dan 100-an orang lainnya terluka.

Keesokan harinya, Rabu (16/10/2024) pagi sebuah truk tangki lainnya juga terbalik dan terbakar di negara bagian Ogun barat daya di kota Ibafo, namun tidak sampai menimbulkan korban.

Kepala layanan darurat negara bagian Jigawa, Haruna Mairiga menyebutkan, jumlah korban tewas akibat kecelakaan itu mencapai 147.

Juru bicara kepolisian setempat, Lawan Shiisu Adam mengatakan, truk tangki itu sedang dalam perjalanan dari kota kuno Kano ke Negara Bagian Yobe di utara, ketika pengemudinya kehilangan kendali di dekat kota Majia di wilayah pemerintah daerah Taura, sekitar 530 kilometer di utara ibu kota Abuja.

Api langsung melahap kendaraan yang terbalik itu. Kini tangki itu telah ditutup oleh petugas setelah kecelakaan.

Sekitar 100 orang lainnya yang terluka akibat ledakan tersebut telah dibawa ke rumah sakit di kota terdekat Ringim di negara bagian Jigawa Banyak dari mereka berada dalam kondisi kritis.

Petugas sebenarnya  telah memperingatkan orang-orang untuk tidak mendekati truk tangki tersebut setelah kecelakaan pada Selasa malam. "Tetapi mereka tidak bisa menahan massa yang semakin banyak," tambah Lawal Shiisu Adam.

"Kami berupaya sekuat tenaga untuk menghentikan orang-orang pergi ke kendaraan untuk mengambil bensin, tetapi meskipun telah menutup area tersebut, kami kewalahan dan ketika orang-orang sedang mengambil bahan bakar, terjadilah ledakan dan kebakaran," katanya lagi 

Mobil tangki bahan bakar itu dalam perjalanan dari Kano menuju Nguru di negara bagian Yobe ketika pengemudi kehilangan kendali atas kendaraannya. Pengemudinya sendiri tidak terluka, dan kini telah ditahan, sedangkan polisi langsung melakukan penyelidikan.

Sebuah video menyedihkan telah dibagikan di media sosial yang memperlihatkan detik-detik setelah kebakaran terjadi. "Petugas pemadam kebakaran dan unit darurat lainnya bergegas ke lokasi kejadian untuk membantu setelah insiden tersebut," kata Tn. Adam.

Banyak korban yang terbakar hingga tak dapat dikenali. Mayat yang ditemukan ditutupi dahan pohon agar tidak terlihat oleh orang-orang.

Petugas penyelamat telah menemukan lebih banyak mayat - beberapa di antaranya berada cukup jauh dari lokasi kecelakaan. Mereka diduga telah berusaha mencari pertolongan sebelum meninggal karena luka-luka mereka, kata juru bicara polisi kepada BBC.

Sebagian besar yang meninggal telah dimakamkan dalam upacara massal. Ledakan dan kecelakaan truk tangki bahan bakar sering terjadi di Nigeria - sering kali disebabkan oleh buruknya kondisi jalan dan kendaraan yang tidak dirawat dengan baik.

Truk Tangki Lain Meledak

Saat operasi pembersihan sedang berlangsung di Jigawa, Rabu keesokan harinya juga terjadi kecelakaan truk tangki bahan bakar lainnya yang terbalik dan terbakar di negara bagian Ogun barat daya di kota Ibafo.

Truk tangki itu terbalik dan terbakar di sepanjang jalan utama di Ibafo, negara bagian Ogun, Nigeria. Truk terbalik pada Rabu pagi di jalan utama di depan sebuah bank komersial dan juga menumpahkan bensin sebelum terbakar.

Kebakaran melanda area tersebut dan merusak truk-truk lainnya. Namun tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut, tetapi diperkirakan telah menyebabkan kerugian hingga ribuan dolar.

Wakil Presiden Nigeria, Kashim Shettima dalam sebuah pernyataan hari Rabu menyampaikan duka cita atas kematian para korban. "Hati saya sakit untuk mereka yang keluarganya telah terpisah oleh bencana ini," katanya.

"Insiden yang menghancurkan ini telah mengguncang kita semua hingga ke akar-akarnya. Pemerintah Federal mendukung masyarakat Jigawa. Kami mengerahkan semua sumber daya yang diperlukan untuk membantu para korban luka dan membantu keluarga yang terkena dampak bencana ini," tambahnya.

Shettima juga mengumumkan intervensi pemerintah federal segera dan menyerukan peninjauan menyeluruh terhadap protokol keselamatan transportasi bahan bakar.

Pada bulan September 2023, sedikitnya 59 orang juga  tewas di negara bagian Niger, Nigeria setelah sebuah truk tangki bahan bakar bertabrakan dengan sebuah truk yang membawa penumpang dan ternak. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.