https://jakarta.times.co.id/
Berita

Wapres RI KH Ma'ruf Amin: Ini Konsep Pembangunan Pemukiman Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Jumat, 14 Januari 2022 - 16:52
Wapres RI KH Ma'ruf Amin: Ini Konsep Pembangunan Pemukiman Terdampak Erupsi Gunung Semeru Wapres RI KH Ma'ruf Amin mendarat di Jatim. (FOTO: Kompas)

TIMES JAKARTA, JAKARTAWapres RI KH Ma'ruf Amin mengatakan, pembangunan hunian warga terdampak erupsi Gunung Semeru akan mengusung konsep Smart Village atau desa cerdas.

Demikian disampaikan Wapres saat berdialog dengan warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Jumat (14/1/2022).

"Jadi terpadu, yang disebut Smart Village, yang kami jadikan model karena terjadi semacam relokasi. Itu supaya mereka (warga terdampak) tidak kesulitan," ucap Wapres.

Konsep desa cerdas tersebut, demikian jelas Wapres, akan menyediakan berbagai fasilitas publik untuk mengembangkan kegiatan ekonomi bagi masyarakat setempat.

"Jadi semua dilengkapi, ada pasar, ada fasilitas kesehatan, ada ruang terbuka, ada sekolah, tempat olahraga, bahkan ditempati dengan kandang terpadu untuk sapi; dan sapinya pun sudah disiapkan," jelasnya.

Kata Wapres, penerapan konsep desa cerdas bagi hunian warga terdampak erupsi gunung semeru sudah sangat ideal dan bisa dijadikan model perkampungan relokasi bagi masyarakat terdampak bencana di berbagai daerah. 

Pembangunan konsep Desa Cerdas tersebut memperhatikan kondisi risiko bahaya dampak dari bencana alam di lokasi tersebut. "Saya lihat jalan dari rumah ke rumah cukup lebar, enam sampai delapan meter. Jadi ini seperti perumahan. Ini kampung ideal, Smart Village," tutur Wapres.

Seperti di hunian sementara dan hunian tetap akibat erupsi Gunung Semeru, Wapres RI KH Ma'ruf Amin meminta pemukiman warga yang mengusung konsep Smart Village ini juga memperhatikan penataan jalur aliran sungai akibat lahar dingin pascaerupsi. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.