https://jakarta.times.co.id/
Berita

IDI Tegaskan Covid-19 Tidak Menular Lewat Makanan

Rabu, 04 Agustus 2021 - 19:57
IDI Tegaskan Covid-19 Tidak Menular Lewat Makanan Ilustrasi - Covid-19 tidak menular lewat makanan. (FOTO: Reuters)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Ketua Pelaksana Harian Tim Mitigasi IDI (Ikatan Dokter Indonesia), dr Mahesa Paranadipa Maikel menyampaikan, pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri tak perlu takut untuk menerima makanan dari luar.

Kata dia, secara penelitian makanan tidak menularkan Covid-19. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah, jika mendapatkan makanan dari luar, bungkus dari makanan tersebut terlebih dahulu disterilkan.

"Dalam penelitian penularan Covid-19 dalam makan tidak terjadi. Kecuali dalam bungkus makanan. Jadi bungkus makanan dipegang yang lain, tidak cuci tangan, itu bisa mungkin terjadi (penularannya). Tapi makannya yang kita makan, dari hasil penelitian itu tidak terjadi," katanya saat agenda Konsultasi Dokter Ahli secara virtual, Rabu (4/8/2021).

"Makanya cuci tangan dulu sebelum memegang sesuatu. Ketika kita menerima makanan online misalnya, itu sebaiknya bungkus makana itu disenfektan dulu. Atau dibuka saja. InsaAllah tidak apa-apa," jelasnya.

Kriteria Isolasi Mandiri

Sementara Itu, Satgas Penanganan Covid-19 menyampaikan, tidak seharusnya mereka yang terpapar Covid-19 menjalani isolasi secara mandiri di rumah.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, masyarakat yang positif dapat memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat yang tersedia di wilayah masing-masing.

Kata dia, masyarakat dengan salah satu kriteria berikut sebaiknya tidak menjalani isolasi mandiri di rumah.

  • Bergejala Covid-19 sedang hingga berat
  • Berusia di atas 45 tahun
  • Memiliki komorbid
  • Tidak punya tempat isolasi mandiri

"Untuk masyarakat, yang bergejala sedang, berat, atau berusia di atas 45 tahun, atau memiliki komorbid, dan atau tidak memiliki tempat yang memadai melakukan isolasi mandiri, kami mohon untuk tidak melakukan isolasi mandiri," ujarnya. IDI pun menegaskan warga isoman tak perlu takut menerima makanan dari luar. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.