Gaya Hidup

Segudang Manfaat Air Tebu Hitam untuk Kesehatan

Jumat, 15 Oktober 2021 - 11:44
Segudang Manfaat Air Tebu Hitam untuk Kesehatan Tebu hitam atau biasa disebut tebu ireng gula dari tebu tersebut baik untuk penderita diabetes (FOTO: Pinterest)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Keberadaan tebu hitam masih terasa asing bagi beberapa orang. Padahal tanaman jenis rumput-rumputan ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Umumnya tebu hitam memiliki batang lurus dan tidak terlalu besar, berwarna coklat keunguan. Mengandung sari dengan warna kecoklatan, tidak putih atau kuning seperti tebu pada umumnya.
kandungan gula pada tebu hitam berbeda dengan gula biasa.

Dilansir dari Atmago, kandungan gula pada tebu hitam berbeda dengan gula biasa. Tebu mengandung senyawa octacosanol sejenis alkohol rantai panjangan yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Tebu hitam b

Octacosanol juga menghambat penumpukan plak pada dinding pembuluh, bahkan mampu memberikan perlindungan terhadap oksidasi protein darah.

Untuk konsumsi sebagai pengobatan, cara pengolahan tebu hitam berbeda dengan tebu pada umumnya.

Pengolahan dapat dilakukan dengan merebus potongan tebu yang disertai gula batu, biasanya tebu yang digunakan sebanyak 3 genggam. Air rebusan itulah yang dipercaya mampu mengurangi bahkan menghilangkan penyakit.

Tebu hitam c

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat air rebusan tebuh hitam yang bisa membantu dalam mengobati beberapa penyakit.

1. Mengurangi Kolesterol
Beberapa studi telah membuktikan bahwa air tebu, khususnya tebu hitam mampu mengurangi kolesterol. Kandungan zat kalium dan senyawa octacosanol dipercaya dapat meredakan ketegangan pada pembuluh darah serta tekanan darah pun jadi turun. 

2. Menyembuhkan Vertigo
Banyak orang percaya dengan minum air rebusan tebu hitam dapat menghilangkan vertigo. Tebu hitam dianggap sebagai salah satu obat tradisional untuk mengobati penyakit ini.

3. Mencegah Stroke
Stroke merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang. Tebu hitam mampu membantu seseorang dalam menghindari stroke.

4. Mengatasi Jantung Berdebar
Mungkin sebagian orang pernah mengalami jantung berdebar tanpa ada sebab. Air rebusan tebu hitam bisa menjadi alternatif meredakan jantung berdebar.

5. Dapat Dikonsumsi bagi Penderita Diabetes

Selama ini masyrakat berpikir jika tebu hijau atau tebu hitam kurang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit tertentu khususnya diabetes karena rasanya yang manis dan dan dapat meingkatkan kadar gula penderita diabetes. Namun tidak demikian, kandungan antidiabetic pada tebu hitam nyatanya bisa membantu mengatasi diabetes.

Itulah beberapa manfaat tebu hitam untuk pengobatan dan kesehatan tubuh. Namun perlu diingat bahwa disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena kandungan gula yang cukup banyak. Konsumsi dengan anjuran yang telah ada sebelumnya.  (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.