https://jakarta.times.co.id/
Gaya Hidup

Winner Dara Pekanbaru 2024, Friskhia Hani Gaungkan Sektor Pariwisata dan UMKM

Rabu, 24 Juli 2024 - 13:41
Winner Dara Pekanbaru 2024, Friskhia Hani Gaungkan Sektor Pariwisata dan UMKM Friskhia Hani, Winner Dara Pekanbaru 2024 (Foto: Instagram @friskhiahanii)

TIMES JAKARTA, PEKANBARU – Sebagai Winner Dara Pekanbaru 2024, Friskhia Hani atau akrab dipanggil Hani, ikut serta dengan terus menggaungkan sektor pariwisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pekanbaru yang berjuluk Kota Madani.

Pemilik ⁠akun media sosial Instagram @friskhiahanii mengatakan, bahwa sektor pariwisata merupakan sumber pendapatan yang sangat potensial bagi daerah. Pariwisata juga menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan kekayaan budaya dan keindahan alam daerah. 

"Hal ini dapat meningkatkan citra positif daerah di mata dunia dan menarik lebih banyak wisatawan, seperti contohnya Kota Pekanbaru terkenal dengan wisata Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibition (MICE) secara nasional maupun mancanegara yang patut kita banggakan," katanya kepada TIMES Indonesia, Rabu (24/7/2024).

Dikatakan Hani, UMKM sendiri memiliki peran penting dalam menjaga ketahanan ekonomi daerah.

Selain itu juga dijadikan sebagi sarana pelestarian budaya dan sejarah di daerah seperti halnya di Kota Pekanbaru yang memiliki kain tenun siak dengan berbagai macam corak yang dapat dijadikan cindera mata bagi para turis nasional maupun mancanegara. 

"Tak hanya bagi para turis, nilai budaya ini dapat dikenalkan ke pemuda pemudi daerah kita sendiri. Termasuk UMKM juga menjadi tempat lahirnya inovasi dan kreativitas baru. Dengan produk-produknya yang unik dan khas dapat menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan datang ke daerah kita," imbuhnya.

Menurut anak pertama dari dua bersaudara yang hobi berenang tersebut, Pekanbaru merupakan ibu kota Provinsi Riau yang memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata MICE karena memiliki letak yang strategis yaitu di tengah-tengah Pulau Sumatera.

Tak cuma itu, Pekanbaru juga memiliki akses yang mudah untuk dijangkau mulai dari jalur udara maupun jalur lautnya sehingga mudah diakses dari berbagai daerah di Indonesia maupun negara negara tetangga. 

"Selain itu Pekanbaru juga memiliki fasilitas penunjang wisata MICE. seperti hotel dari yang biasa saja hingga yang berbintang sekalipun. Lalu memiliki fasilitas convention yang dapat menampung massa besar seperti ada SKA Co Ex, dan lainnya," tutur perempuan yang menempuh pendidikan D-3 Manajemen Transportasi Jalan.

Dirinya menjelaskan, bahwa wisata MICE merupakan sektor yang sangat potensial untuk dikembangkan di Kota Pekanbaru. Dengan terus berbenah dan meningkatkan kualitas, Pekanbaru dapat menjadi destinasi yang digemari oleh wisatawan dari berbagai daerah dan mancanegara.

Dara-Pekanbaru-2024-2.jpgFriskhia Hani, Winner Dara Pekanbaru 2024 sedang berada di cagar budaya rumah tuan qadi dekat jembatan siak (Foto: Instagram @friskhiahanii)

Dia menyebut beberapa contoh kegiatan UMKM di Kota Pekanbaru ialah dalam sektor kuliner. Saat ini, hits kuliner jajanan malam seperti di Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru. Di sini bisa menemukan berbagai macam jajanan kekinian bahkan yang tradisional. Kegiatan ini tentunya menjadi keuntungan bagi para pelaku UMKM. 

Menurutnya, dari sektor budaya, Pekanbaru juga memiliki perajin-perajin tenun siak. Salah satunya dapat kita temui di Pekanbaru Heritage Walk di sekitaran sungai siak dekat dengan rumah tuan qadi.

"Kemudian Pekanbaru memiliki sentra UMKM yang terletak di Jalan Arifin Ahmad, di sana kita dapat menemukan berbagai macam bentuk produk dari pelaku UMKM," terangnya.

Dalam hal ini Hani yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta berpengalaman sebagai Purna Paskibraka Kota Pekanbaru 2018 dan Putri Duta Remaja Kreatif Riau 2018 menjelaskan bahwa Kota Pekanbaru memiliki potensi besar untuk terus mengembangkan sektor pariwisata dan UMKM. 

"Semoga ke depannya pariwisata dan UMKM di Pekanbaru dapat lebih terperhatikan dan lebih berkembang lagi karena untuk mempertahankan yang sudah ada saja sudah menjadi tantangan besar bagi kita masyarakat dan pemerintah," tambahnya.

Disampaikan Hani, jarang sekali masyarakat berpikir untuk menjelajahi keindahan serta kekayaan budaya yang ada di sekitar Pekanbaru. Padahal banyak sekali tempat wisata yang menarik dan tradisi unik yang harusnya bisa manfaatkan untuk menggali informasi di dalamnya.

"Oleh karena itu, marilah berusaha mengubah kebiasaan yang di mana harusnya sebagai generasi muda kita harus membuka diri untuk mengenal lebih dekat pariwisata dan kebudayaan ada di sekitar kita," ujarnya.

"Karena berwisata dan mempelajari budaya lokal, dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan tentang berbagai hal. Kita bisa belajar tentang adat istiadat, tradisi, bahasa dan cara hidup masyarakat di daerah tersebut," sambungnya.

Ia menambahkan, bahwa tidak hanya sampai di situ saja, manfaat yang akan diterima ialah dapat mendukung ekonomi lokal. Karena dengan mengunjungi tempat wisata tentunya bisa membangun ataupun membantu para pelaku UMKM yang ada di tempat destinasi wisata.

"Dengan mengenal budaya lokal dan mempelajari tradisi yang ada kita dapat menjaga kelestarian budaya tersebut, serta bisa menjadi agen perubahan untuk menyebarkan informasi dan mengedukasi kepada kalangan masyarakat yang lebih luas lagi nantinya," tukas Winner Dara Pekanbaru 2024 ini. (*)

Pewarta : Wandi Ruswannur
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.