https://jakarta.times.co.id/
Olahraga

La Nyalla Ingatkan PSSI Agar Berhati-hati Memilih Pemain Naturalisasi untuk Timnas 

Kamis, 27 Agustus 2020 - 16:27
La Nyalla Ingatkan PSSI Agar Berhati-hati Memilih Pemain Naturalisasi untuk Timnas  Para pemain Timnas Indonesia U-19 saat menjalani latihan di lapangan. (foto: Dokumen/PSSI)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Mantan Ketua Umum PSSI periode 2015-2016, La Nyalla Mattalitti mengingat PSSI agar berhati-hati dalam memilih pemain Timnas Indonesia yang berkaitan dengan pemain naturalisasi

Menurut La Nyalla, pemain naturalisasi itu harus berhubungan dengan sejarah dan dan keturunan Indonesia.

"Nasionalisme itu sekarang sudah bergaul dengan humanisme. Jadi sebenarnya naturalisasi itu bukan lagi soal halal atau haram di dunia olahraga. Sehingga seharusnya tidak menjadi kontroversi," kata La Nyalla Mattalitti dikutip dari kantor berita Antara di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

La Nyalla juga menyinggung pada hakikatnya tidak ada yang perlu dipermasalahkan dalam keterlibatan pemain keturunan. Namun, kata dia, PSSI harus realistis dan tidak boleh gegabah dan harus lebih mengedepankan nasionalisme.

"Hanya, memang harus ada relevansinya. Artinya naturalisasi yang datang dari inisiatif federasi, hanya relevan jika pemain tersebut ada hubungan sejarah atau darah keturunan," imbuhnya.

Untuk diketahui, beberapa hari ini tentang isu pencarian pemain keturunan sangat vital di masyarakat. Viralnya isu ini dikarenakan keterlibatan pemain naturalisasi sangat besar.

Para pemain naturalisasi untuk Timnas itu nantinya akan disiapkan PSSI isebagai 'cara-cara luar biasa' meraih kesuksesan pada Piala Dunia U-20 2021. Hingga saat ini, terhitung sudah terdapat lima pemain muda asal Brasil yang didatangkan klub-klub Liga 1 2020 untuk bergabung dengan skuad Gadura Indonesia.(*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.