https://jakarta.times.co.id/
Berita

Perayaan Maulid Nabi di Itjen Kemenag Dipandu 3 Bahasa hingga Pelepasan Umrah PPNPN

Senin, 23 September 2024 - 17:50
Perayaan Maulid Nabi di Itjen Kemenag Dipandu 3 Bahasa hingga Pelepasan Umrah PPNPN Pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar Annur Maron, Purworejo, Jawa Tengah, KH. R. Mahfudz Hamid di Maulid Nabi Itjen Kemenag. (FOTO: dok. Kemenag) 

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Inspektorat Jenderal Kementerian Agama (Itjen Kemenag RI) merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H dengan meriah melalui serangkaian kegiatan, dari pembinaan pegawai dan pelepasan umrah bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN).

Acara Maulid Nabi yang digelar Itjen Kemenag semakin meriah, dipandu dalam tiga Bahasa yakni Arab, Inggris, dan Indonesia yang semakin menambah kekhidmatan serta kebersamaan acara. 

Hadir sebagai penceramah Maulid Nabi, Pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar Annur Maron, Purworejo, Jawa Tengah, KH. R. Mahfudz Hamid.

Dalam ceramahnya, ia mengajak para pegawai Itjen Kemenag untuk meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW dan membangun kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Rasulullah adalah contoh sempurna dalam menjalani kehidupan. Kita sebagai umatnya perlu menjadikan beliau teladan dalam setiap langkah, baik di tempat kerja maupun di rumah tangga," ungkapnya di hadapan para pegawai Itjen Kemenag di Jakarta Senin (23/09/2024). 

Kemenag-RI-b.jpg Irjen Kemenag Faisal di acara Maulid Nabi Itjen Kemenag. (FOTO: dok. Kemenag) 

Dalam kesempatan itu, Inspektur Jenderal Kementerian Agama (Irjen Kemenag) Faisal Ali Hasyim, menekankan pentingnya Peringatan Maulid Nabi sebagai momen refleksi untuk meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW.

“Peringatan ini bukan sekadar mengenang kelahiran Nabi, tetapi juga sebagai pengingat untuk selalu meneladani akhlak mulia beliau dalam kehidupan sehari-hari, baik di tempat kerja maupun bermasyarakat,” terang Irjen Kemenag Faisal. 

“Alhamdulillah, kita dapat bersama-sama memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, serta melepas rekan-rekan PPNPN yang akan melaksanakan ibadah umrah. Ini adalah momen berharga untuk memperkuat tali silaturahmi dan kebersamaan di antara kita semua,” sambungnya.

Dalam laporannya sebagai panitia pelaksana, Sekretaris Itjen Kemenag, Kastolan menyebut momentum perayaan Maulid Nabi ini merupakan waktu yang tepat untuk memperkuat kebersamaan.

“Berkat instruksi Pak Irjen ini ya, baru kali ini kayaknya basement ini penuh. Setidaknya kehadiran 99,9 persen pegawai hadir, yang tidak hadir mungkin yang cuti atau yang sedang dapat Surat Tugas,” terang Kastolan.

Sebagai bagian dari kegiatan sosial, acara ini juga ditandai dengan penyerahan simbolis santunan kepada empat anak yatim, sekaligus pelepasan 11 PPNPN yang terdiri dari petugas kebersihan, sopir, dan staf pendukung lainnya mendapat dukungan yang akan menunaikan ibadah umrah menjadi momen puncak dalam acara tersebut. 

Acara ini dibuka dengan pembacaan Ayat Suci Alquran oleh Terbaik I Tilawah Dewasa Putri pada MTQ Nasional 2024 di Samarinda, Putri Diana Abdul Jabar dan  berlangsung dengan lancar dan penuh khidmat. Dengan dipandu 3 bahasa, hal ini tidak hanya menambah semangat tetapi juga mencerminkan inklusivitas serta keberagaman.

Kegiatan ini diharapkan menjadi sumber inspirasi bagi seluruh pegawai Itjen Kemenag untuk terus meningkatkan kinerja, menjaga integritas, dan meneladani akhlak Rasulullah dalam setiap tindakan.

Turut hadir dalam kegiatan Inspektur Wilayah I, Inspektur Wilayah II, Inspektur Wilayah III, Pengendali Utama sekaligus Plh. Inspektur Wilayah IV Itjen Kemenag, Ketua DWP Itjen Kemenag bersama para jajaran, para auditor dan pejabat fungsional lainnya.(*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.