Berita

Tegaskan Kedaulatan Indonesia di Perbatasan Malaysia-Singapura, Wamenhan RI Jadi Trending

Sabtu, 15 Januari 2022 - 08:22
Tegaskan Kedaulatan Indonesia di Perbatasan Malaysia-Singapura, Wamenhan RI Jadi Trending Wamenhan RI dan Mendagri RI meninjau pembangunan mercusuar dengan struktur permanen dan helipad di Karang Singa di perairan utara Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Batam. (Foto: Dok. Kemhan).

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Nama Wakil Menteri Pertahanan RI (Wamenhan RI) M Herindra menjadi trending topic di media sosial Twitter.

Hal ini dikarenakan pernyataannya yang mengatakan 'tidak boleh lagi sejengkal tanah yang boleh diambil oleh negara lain' mendapatkan banyak dukungan dari warganet. Hingga Sabtu (15/01/2022) pagi, lebih dari 1.440 tweet menuliskan tentang Wamenhan ini.

Dilansir dari keterangan tertulisnya, pernyataan Wamenhan tersebut diucapkan saat meninjau pembangunan mercusuar dengan struktur permanen dan helipad di Karang Singa, perairan utara Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau yang merupakan daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia dan Singapura pada Kamis (13/1/2022) lalu.

Menurutnya, adanya mercusuar dengan struktur permanen ini adalah untuk menjadi titik penanda kedaulatan Indonesia.

"Kita tidak ingin kejadian sengketa antara Indonesia dan Malaysia terkait perebutan Pulau Sipadan dan Ligitan yang akhirnya dimenangkan Malaysia di Mahkamah Internasional pada 2002 terulang," ucap Wamenhan Herindra dikutip dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/1/2022).

Wamenhan menjelaskan, Pulau Karang Singa terletak di Selat Malaka, salah satu jalur lalu lintas laut terpadat di dunia sehingga harus dijaga dan diberi tanda bahwa itu merupakan wilayah NKRI.

Di perbatasan internasional ini, negara Singapura telah menguasai teritorial Batu Putih (Pedra Branca). Negara Malaysia sudah menguasai Karang Tengah (Middle Rock). "Kita harus tunjukkan kedaulatan kita, tak boleh ada lagi sejengkal tanah yang boleh diambil oleh negara lain," tegas Wamenhan.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksdya TNI Aan Kurnia turut hadir bersama Wamenhan RI dalam kunjungan kerja tersebut. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.